oleh

Wisata Telaga Mardirda Karanganyar Jawa Tengah

-wisata-302 views

Telaga Mardirda, nama yang mungkin belum terlalu populer di kalangan traveler. Terletak di Lereng gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Ternyata terdapat sebuah telaga yang sangat jernih nan indah, disitulah Telaga Mardirda berada.

Rasanya tidak berlebihan jika menyebut telaga Mardirda hampir sama dengan Ranu Kumbolo yang berada di bawah puncak Mahameru. Untuk menuju ke telaga Mardirda, traveler bisa menempuh perjalanan dari kota Solo atau Karanganyar kearah timur. Kurang lebih satu jam perjalanan, Telaga Mardirda bisa ditempuh melewati jalur arah Air Terjun Jumog, disitu aka nada papan penunjuk arah ke Telaga Mardirda. Jalanan yang cukup mulus dapat membuat anda para traveler lebih nyaman dalam perjalanan.

Perjalanan menuju Telaga Mardirda yang terletak di Dusun Tlogo, Desa Berjo paling tidak dengan mengendarai kendaraan yang cukup prima, meskipun jalanan sudah halus mulus namun kontur jalan naik turun di perbukitan. Selama perjalanan para traveler akan dimanjakan oleh hijaunya alam dan sejuknya udara yang masih sangat alami di Kabupaten Karanganyar.

Sesampai disana para Traveler akan dibuat terpana oleh jernihnya telaga Mardirda tersebut, karena kejernihannya, lumut yang berada di telaga tersebut tampak, jika sedang musim hujan suasana di sekitar telaga ini sangat syahdu. Terlebih di ramaikan suara katak. Air Telaga Mardirda begitu dingin dan segar, karena berasal langsung dari sumber mata air gunung Lawu.

Pemandangan hijau nan segar mengelilingi telaga, suara-suara hewan seperti seranga di sekeliling telaga masih terdengar, benar-benar terasa alam yang belum tercampuri keriuhan kota. Telaga Madirda seakan menjadi telaga yang tersembunyi di tengah bukit lereng gunung lawu. Menurut cerita telaga ini masih sering digunakan untuk ibadah pemeluk agama Hindu yang berada di sekitar wilayah tersebut .

Di sekitaran telaga Mardirda tersebut selain akan menjumapi para traveler atau pengunjung yang sedang berfoto-foto, di sana juga tersedia warung sederhana dan toilet umum bagi pengunjung. Nikmatnya kopi atau the hangat bisa dipadukan dengan memandang telaga yang berlatar belakang pepohonan hijau dan lereng gunung lawu. (wisatakita.com)

Foto : karanganyarkab

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya