Menu

Mode Gelap
 

wisata · 20 Jul 2021 10:29 WIB ·

Wisata Tanjung Puting Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah


					Wisata Tanjung Puting Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Perbesar

Wisata Tanjung Puting Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah

Borneo atau Kalimantan dikenal sebagai salah satu pulau terbesar di Indonesia yang hampir wilayahnya berupa perairan. Di Kalimantan sendiri terdapat banyak sekali taman nasional dan termasuk konservasi orang utan terbesar di Indonesia. Salah satu taman nasional yang terkenal di Kalimantan tersebut adalah Taman Nasional Tanjung Putting.

Taman Nasional Tanjung Putting terletak di semenanung Kalimantan Tengah dan memiliki populasi orang utan terbesar di dunia. Diperkirakan populasi tersebut hampir 40.000 orang utan didalamnya. Selain sebagai konservasi orang utan, Tanjung Puting juga merupakan cagar biosfer dan menjadi Taman Nasional yang terjaga serta menjadi salah satu  destinasi wisata di Indonesia. Tak heran jika traveller yang berkunjung disini adalah para wisatawan asing.

Untuk menuju ke Tanjung Putring, traveller bisa langsung menuju ke bandara yang terletak di kawasan Pangkalan Bun. Dari sinilah traveller bisa menjadikan lokasi tersebut sebagai lokasi pariwisata. Banyak hotel berbintang dan fasilitas lainya yang bisa di gunakan sebagai penunjang destinasi wisata termasuk kuliner, guide yang ramah dan fasilitas lainnya.

Setelah menginap sehari di Pangkalan Bun traveller bisa melanjutkan perjalanan menuju Taman Nasional Tanjung Puting yang dapat ditempuh dari Pangkalan Bun dengan perjalanan sejauh 8 km dengan kendaraan umum  atau sekitarr 15 menit.

Dari sinilah perjalanan bisa di dilanjutkan menuju ke Taman Nasional Tanjung Puting menggunakan kapal tradisional yang disebut klotok dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Jika menggunakan speed boat hanya memakan waktu sekitar 1 jam.

Traveller juga bisa menikmati keindahan hutan dan melihat berbagai macam aktifitas orang utan dengan menyewa kapal kelotok selama beberapa hari. Suana siang, sore hingga malam selama di kapal kelotok membuat perjalanan petualangan menyusuri sungai semakin syahdu.

Traveller akan melihat monyet-monyet yang bergelantungan di sepanjang sungai Sekonyer. Kawasan hutan yang berada di Tanjung Putting merupakan rumah bagi delapan jenis primata. termasuk monyet yang memiliki hidung besar yang disebut dengan istilah (bekantan) atau monyet belanda.

Selama perjalanan traveller harus hati-hatui, kaena selama perjalanan melalui sungai, banyak sekali terdapat buaya, mereka sulit untuk dilihat tapi mereka ada disekitar sungai. Jika traveller pergi ke Tanjung Putting, petualangan seru bisa ditemukan disini layaknya di film Anaconda.

Foto : kalimantantour

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

13 November 2021 - 01:16 WIB

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

12 November 2021 - 00:35 WIB

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

10 November 2021 - 08:19 WIB

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

9 November 2021 - 07:22 WIB

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

7 November 2021 - 15:24 WIB

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu

6 November 2021 - 14:29 WIB

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu
Trending di wisata