Menu

Mode Gelap
 

wisata · 1 Sep 2020 18:09 WIB ·

Wisata Sungai Pekalen Probolinggo Jawa Timur


					Wisata Sungai Pekalen Probolinggo Jawa Timur Perbesar

Wisata Sungai Pekalen Probolinggo Jawa Timur

Traveller yang berjiwa petualangan tentunya akan sangat menyukai wisata ke daerah daerah baik berupa pegunungan maupun pantai yang menjadi salah satu alternatif liburan. Menyusuri sungai dari hulu ke hilir merupakan salah satu petualangan yang harus di coba. Salah satu wahana wisata alam menyusuri sungai yang patut traveller coba adalah arung jeram di sungai Pekalen Jawa Timur. 

Untuk bisa berpetualangan ke sungai Pekalen traveller bisa melakukan perjalanan menuju Desa Ranu Gedang yang berada di Kecamatan Tiris Probolinggo Jawa Timur. Sungai pekalen berdekatan dengan Bromo. Jika sudah sampai di desa Ranu banyak sekali petunjuk arah yang menandakan lokasi rafting sungai Pekalen.

Rafting sendiri merupakan olahraga yang biasa di lombakan dan dilakukan dengan kelompok dengan mencoba mengarungi arung jeram dan aliran sungai yang cukup membahayakan. Untuk itu di sungai Pekalen sendiri terdapat beberapa operator yang yang mengedepankan keselamatan para traveller.

Beberapa paket rafting mengarungi arung jeram bisa traveller pilih. Selain rafting di Pekalen Probolinggo juga menyediakan beberapa tempat menginap seperti bungalow khusus untuk tamu yang ingin menginap terlebih dahulu sebelum mulai petualangan rafting. Suasana pedesaan yang masih asri di desa Tiris Pekalen bisa dinikmati para traveller disini.

Sebelum berangkat menyusuri sungai pekalen, traveller akan di brifing terlebih dahulu oleh operator. Peralatan seperti helm, jaket pelampung harus sudah dikenakan. Traveller dari penginapan akan diangkut dengan mobil bak terbuka menuju start point arung jeram Pekalen.

Petualangan sungai Pekalen terdiri dari dua Jalur yang bisa dinikmati. Mulai dari Pekalen Atas da Sungai Pekalen Bawah. Bagi pemula disarankan pekalen atas yang tidak terlalu deras dan banyak jeram. Sedangkan bagi yang sudah biasa berpetualangan dengan jeram bisa melakukan kegiatan jeram di Pekalen bawah.

Dengan panjajang rata-rata 12 km. traveller bisa menikmati keindahan panorama yang begitu indah. Traveller akan melewati lebih dari 54 jeram yang berbeda-beda arusnya. Salah satu spot favorit adalah air terjun gua kelelawar. Sambil berpetualangan menyusuri sungai, dalam perjalanan traveller akan melihat air terjun yang berjajar dengan indahnya. Traveller akan melihat dan merasakan suara dan bau kotoran kelelewar yang menjadi ciri khasnya, juga spot cantik untuk berfoto bersama adalah daya tarik utamanya.

Arung Jeram Pekalen mempunyai pemandangan yang indah. Sungai Pekalen, Probolinggo, tidak hanya dahsyatnya jeram yang bisa Anda dapatkan, sungai ini juga mempunyai 7 air terjun sekaligus.

Setelah melakukan petualangan arung jeram, di tengah perjalanan, traveller bisa beristirahat sejenak sambil makan snack hangat seperti singkong goreng atau pisang oreng dan minum teh hangat, lalu kemudian melanjutkan sisa perjalanan.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

13 November 2021 - 01:16 WIB

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

12 November 2021 - 00:35 WIB

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

10 November 2021 - 08:19 WIB

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

9 November 2021 - 07:22 WIB

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

7 November 2021 - 15:24 WIB

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu

6 November 2021 - 14:29 WIB

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu
Trending di wisata