oleh

Wisata Sumber Mata Air Sirah Malang Jawa Timur

-wisata-301 views

Kota Malang dan sekitarnya merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur yang mempunyai banyak destinasi wisata selain Bromo yang sangat terkenal itu. Jika traveller penggemar wisata air, Sumber Mata Air Sirah merupakan alternatif lain selain wisata pantai maupun air terjun.Sumber Mata Air Sirah merupakan sumber alami dan begitu menawan untuk di kunjungi yang terletak di wilayah kecamatan Gondanglegi Malang.

Untuk menuju Sumber Mata Air Sirah traveller bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Malang kea rah selatan menuju Kecamatan Balulawang, dari Balulawang traveller bisa menuju jalan Sunan Ampel disinilah nantinya traveller akan melihat papan petunjuk menuju objek wisata Sumber Sirah.

Keunikan tersendiri ketika traveller mengunjungi sumber mata air Sirah ini. Sumber mata air yang membentuk sebuah telaga ini pada dasarnya terdapat tanaman hijau seperti hydrilla, bebatuan dan populasi ikan yang hidup di air tawar dengan dasar pasir hitam, saat ini warga setempat sudah membatasi pinggiran mata air tersebut dengan beton  dan sisi luarnya merupakan tumbuhan padi dan tanaman hijau yang juga mengandalkan perairan dari sumber mata air Sirah tersebut.

Kolam yang juga di alirkan ke sawah-sawah penduduk sepanjang dari mata air dan aliran sungai tersebut juga di manfaatkan sebagai wisata air, yaitu river tubing. Traveller juga bisa turut serta melakukan petualangan menyusuri sungai di atas ban yang sudah di sediakan oleh pengeloa. Kedalaman sungai tersebu juga tidak terlalu dalam, hanya 1,5 meter sehingga masih cukup aman untuk orang dewasa.

Mengingat sumber mata air sirah ini airnya begitu bersih dan jernih, selain traveller melakukan penyusuran sungai menggunakan ban, traveller juga bisa melihat keberadaan rumput air tawar yang ada didasar sungai tersebut, sehingga traveller bisa berenang sepanjang sungai atau melakukan snorkeling.

Bagi traveller yang mempunyai hobbi fotografi, keberadaan Mata Air Sumber Sirah ini selalu dijadikan objek keindahan alam bawah air hingga suasana pedesaan yang masih sangat alami. Bahkan beberapa fotografer dan pengunjung  sering mengambil gambar dibawah air.

Selain pemandangan di dalam air, traveller juga bisa menikmati keindahan panorama alam di sekitar sungai dan sumber mata air tersebut yang berupa landscape hijaunya tanaman seperti padi, tebu dan lain sebagainya. Pemandangan yang menyejukkan mata di Desa Sumber Jaya dimana Sumber Sirah berada juga masih sangat alami dan asri.

Beberapa fasilitas pendukung destinasi wisata Sumber Sirah sudah cukup memadai, seperti tersedianya beberapa warung makan, area parkir kendaraan yang cukup besar hingga beberapa kios yang menyewakan jasa kamera bawah air, pelampung dan lain sebagainya sebagai penunjang wisatawan yang sedang berkunjung di Sumber Mata Air Sirah ini.

Foto Oleh : Lihat.co.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya