oleh

Wisata Puthuk Setumbu Magelang Magelang Jawa Tengah

-wisata-303 views

Di antara traveler pasti sudah tidak asing dengan Candi Borobudur, yang merupakan Candi terbesar di Indonesia, di sekitar Candi tersebut terdapat bukit yang sangat terkenal untuk menikmati sunrise dengan siluet Candi Borobudur, bukit tersebut dikenal dengan nama Punthuk Setumbu.

Puthuk Setumbu yang terletak di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur – Magelang Jawa Tengah ini, akan menyimpan kenangan tersendiri bagi para traveler yang sudah menikmatinya disana. Dari Puthuk Setumbu inilah  pemandangan sunrise  terlihat cantik dengan siluet berupa bayangan Candi Borobudur yang diselimuti kabut tipis. Tak hanya traveler saja yang ingin menikmati Sunrise di Puthuk Situmbu, tetapi juga Fotografer Professionalpun berburu moment ini untuk mengabadikannya.

Perjalanan menuju Puthuk Situmbu bisa di mulai dari kota Yogyakarta dengan menempuh perjalanan kurang lebih satu jam. Untuk menuju Puthuk Situmbu lebih baik traveler menggunakan mobil pribadi atau sewa dengan kondisi mobil yang cukup bagus. Setelah sampai di gerbang Punthuk Setumbu traveler bisa memarkirkan kendaraan dan membeli tiket masuk di gerbang pintu masuk.

Selanjutnya untuk mencapai Punthuk Situmbu, traveler harus trekking terlebih dahulu kurang lebih 300  atau sekitar 15 menit dari pintu masuk Punthuk Setumbu, akan tetapi tidak usah khawatir untuk jalannya, meskipun tanjakan, jalan cukup aman . Untuk menikmati sunrise ada baiknya traveler sampai di Puthuk Setumbu sekitar 5 pagi, karena Punthuk Setumbu mulai buka antara jam 4 pagi hingga 5 sore.

Setelah sampai di puncak Putuk Setumbu jangan kaget jika disana traveler berjumpa dengan penikmat Sunrise yang sudah mendahului traveler, para pengunjung yang berada di  bisa menunggu dip agar pembatas tebing. Sambil menunggu momen matahari terbit, Candi Borobudur yang letaknya tidak jauh dari Punthuk Setumbu akan terlihat dan diselimuti kabut tipis dengan latar belakang yaitu Gunung Merbabu dan Merapi yang menambah indahnya pagi. 

Foto : Tribunews

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya