oleh

Wisata Pura Ulun Danau Bedugul Tabanan Bali

-wisata-304 views

Bali adalah surga terakhir di dunia, begitulah pendapat para traveller yang pergi ke Pulau Dewata ini. Selain pantai dan wisata alamnya. Bali mempunyai wisata alam yang sangat menarik. tidak hanya wisata pantai saja, namun di ketinggian pegunungannya juga mempunyai danau yang sangat di kenal yaitu danau Bedugul. Danau Bedugul memang salah satu wisata alam akan tetapi keunikan dari danau bedugul menyimpan budaya dan bangunan pura yang sangat menarik di tengah danau tersebut.

Danau bedugul sendiri merupakan danau yang sangat terkenal di pulau bali. Hampir semua agen pariwisata bali selalu menjadikan Danau Beratan Bedugul sebagai salah satu objek destinasi wisata. Hampir setiap hari lokasi danau Bedugul selalu dikunjungi para wisatawan dan traveller sehingga sangat ramai, terutama pada saat liburan.

Keunikan dari danau Beratan Bedugul adalah adanya Pura Ulun-Ulun. Pura ini terletak di tengah-tengah danau. Sehingga jangan heran jika keindahan Pura Ulun-Ulun menjadi salah satu simbol ikonik danau Bedugul. Bahkan pura ini di abadikan menjadi gambar di salah satu mata uang rupiah.

Untuk menuju ke Pura Ulun Danau Beratan Bedugul sangatlah mudah. Dari kota Denpasar atau Bandara, traveller cukup melakukan perjalanan menuju ke arah Tabanan. Danau ini letaknya di dekat jalan raya antar Kabupaten, yaitu Jalan Raya Candi Kuning-Bedugul, Desa Candi Kuning Kecamatan Baturiti, Tabanan. Banyak sekali penunjuk arah atau lalu lintas yang menuju kearah danau Bedugul. Jika traveller berangkat dari Denpasar atau kuta, lama perjalanan yang ditempuh sekitar 60 kilometer atau satu setengah hingga dua jam perjalanan.

Setelah sampai  di lokasi Danau Beratan Bedugul Bali, traveller akan melihat pura di tengah danau tersebut, Pura itulah yang di namakan Pura Ulun. Pura Ulun Danau Beratan merupakan  bangunan khas yang mencirikan Bali. Bangunan pura ini memiliki atap bertingkat dengan cirri khasnya terntentu sesuai dengan keyakinan umat Hindu di Bali. 11 tingkat menandakan dewa wisnu, 7 tingkat Brahmana dan 3 tingkat adalah Siwa. Di hari hari besar umat Hindu, danau ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Bali.

Banyak sekali daya tarik dari Danau Bedugul, di antaranya adalahu dara sejuk daerah pegunungan. Letak danau di ketinggian sekitar 1.239 meter di atas permukaan air laut membuat Danau Bedugul terasa sejuk dan terkadang di selimuti oleh kabut. Didalam kawasan danau Bratan Bedugul juga terdapat pemandangan warna-warni bunga, pepohonan cemara yang rindang dan hijaunya rerumputan. Hewan- hewan seperti rusa dan kijang juga bebas berkeliaran di sekitar danau, sehingga menambah pesona keindahan danau Bedugul

Bagi traveller yang berkunjung ke danau bedugul tentunya banyak sekali aktifitas yang bisa dilakukan. Mulai berfoto dengan latar belakang pura tengah danau.  Selain berfoto, traveller juga bisa  menyewa perahu speed boat menggunakan motor untuk mengelilingi danau, agar dapat menikmati pemandangan danau dari jarak dekat.

Foto : Indonesia Kaya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya