Menu

Mode Gelap
 

wisata · 31 Des 2020 05:04 WIB ·

Wisata Pura Mangkunegaran Surakarta Jawa Tengah


					Wisata Pura Mangkunegaran Surakarta Jawa Tengah Perbesar

Wisata Pura Mangkunegaran Surakarta Jawa Tengah

Bagi traveller yang sering ke Solo tentunya tidak asing dengan wisata keraton yang ada di Surakarta atau kota Solo, salah satunya adalah Kerato atau Pura Mangkunegaran. Magkunegaran merupakan istana resti dari Kadipaten Praja Mangkunegaran dan tempat tinggal para penguasa Solo waktu itu yang sudah berdiri sejak tahun 1757.

Untuk menuju pura ini traveller cukup melakukan perjalanan ke tengah kota Solo, banyak petunjuk arah yang mengarahkan ke Pura Mangkunegaran, Khususnya saat traveller berada di Jalan Slamet RIyadi Solo.

Pura mangkunegaran ini merupakan hasil dari perjanjian Salatiga yang di tandatangani antara Para Sultan dan Sunan serta VOC serta Raden Mas Said atau dikenal dengan Pangeran Sambernyawa yang bergelar Mangkunegara I.

Pura Mangkunegaran ini cukup unik bentuknya karena lebih mirip dengan bangunan Eropa yang populer. Didalam Komplek Mangkunegaran Sendiri terdiri dari beberapa bagian keraton di jawa pada umumnya seperti pamédan, pendapa, pringgitan, dalem, dan keputrèn. Seluruh kompleks dikelilingi oleh tembok, hanya bagian pamédan yang diberi pagar besi.

Bagi traveller yang suka akan literasi, di komplek Pura Mangkunegaran juga terdapat Perpustakaan Rekso Pustoko yang didirikan pada tahun 1867 oleh Mangkunegara IV[. Perpustakaan tersebut terletak dilantai dua, diatas Kantor Dinas Urusan Istana di sebelah kiri pamedan. Perpustakaan ini mengoleksi manuskrip kuno bersampul kulit, buku-buku berbagai bahasa terutama dalam bahasa Jawa, banyak koleksi-koleksi foto yang bersejarah dan data-data mengenai perkebunan dan pemilikan Mangkunegaran yang lain seperti Perkebunan Tebu dan Pabrik Gula.

Banyak paket wisata dari Pura Mangkunegaran ini yang menawarkan bertema “Mangkunegaran Royal Dinner”, disini traveller bisa menikmati berbagai kuliner Solo khas bangsawan jaman dulu, sajian ini merupakan sajian yang di hidangkan untuk para raja saat dulu kala, seperti seperti garang asem bumbung, sambel goreng bledak, pecel pitik, lodoh pindang dan puding tape sebagai makanan penutup.

Traveller juga bisa menikmati makan malam dengan suguhan tarian klasik keraton yang di bawakan oleh penari-penari professional asli dari Mangkunegaran, bahkan bisa berfoto bersama raja Mangkunegaran sekaligus mendapat souvenir dari raja.

Foto Oleh :DInparSolo

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

13 November 2021 - 01:16 WIB

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

12 November 2021 - 00:35 WIB

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

10 November 2021 - 08:19 WIB

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

9 November 2021 - 07:22 WIB

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

7 November 2021 - 15:24 WIB

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu

6 November 2021 - 14:29 WIB

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu
Trending di wisata