oleh

Wisata Puncak Jayawijaya Puncak Jaya Papua Timur

-wisata-301 views

 

Pegunungan Jayawijaya adalah nama untuk deretan pegunungan yang terbentang memanjang di tengah provinsi Papua Timur, Papua ( Indonesia ) hingga Papua Newguinea. Deretan pegunungan  yang mempunyai beberapa puncak tertinggi di Indonesia ini terbentuk ribuan tahun silam, yang disebabkan oleh pengangkatan dasar laut.

Pegunungan Jayawijaya memiliki ketinggian mencapai  4.800 mdpl, sehingga memungkinkan puncaknnya di selimuti oleh salju abadi. Tetapi karena pemanasan global, salju abadi ini sekarang mulai menyusut dan diperkirakan bakal mengering. Sehingga, bukan tidak mungkin kelak pegunungan ini akan kehilangan salju seperti yang terjadi pada gunung Kilimanjaro di Tanzania.

Selain dikenal dengan puncak Jaya, puncak tertinggi ini juga dikenal dengan sebutan Carstenz Pyramide, atau Puncak Carstensz. Nama tersebut diambil dari seorang petualang dari negeri Belanda, yaitu Jan Carstensz. Beliau adalah orang yang pertama kali melihat adanya puncak bersalju di daerah tropis, tepatnya di pulau Papua.

Gunung Jayawijaya dikenal sebagai salah satu dari tujuh puncak tertinggi dunia ( seven summit ). Oleh sebab itu, mendaki puncak gunung Jayawijaya ini merupakan hal yang paling diinginkan oleh para pendaki sejati. Berbagai rintangan yang ada di gunung ini, seperti suhu yang sangat dingin, kondisi alam yang terjal, angin kencang dan hujan, serta minimnya oksigen di daerah ketinggian merupakan tantangan yang harus ditaklukkan oleh para pendaki.

Foto : https://mutoharohsubekti.wordpress.com/2016/03/05/puncak-jaya-wijaya/

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya