Menu

Mode Gelap
 

wisata · 27 Sep 2020 00:49 WIB ·

Wisata Pulau Una Una Togean Tojo Una-Una Sulawesi Tengah


					Wisata Pulau Una Una Togean Tojo Una-Una Sulawesi Tengah Perbesar

Wisata Pulau Una Una Togean Tojo Una-Una Sulawesi Tengah

Berwisata ke kepulauan Togean akan merasa tidak lengkap jika tidak  menginjakkan kaki ke Pulau Una-Una. Pulau Una-Una merupakan salah satu pulau yang terletak di gugusan kepulauan Togean atau termasuk dalam wilayan administrative tojo Una-Una propinsi Sulawesi Tengah. Pulau Una-Una sendiri letaknya tepat disebelah utara Pulau Togean.

Traveller yang berwisata ke kepulauan Togean harus merasakan sensasi dan menginjakkan kaki di Pulau Una-Una. Untuk menuju ke pulau Una-Una bisa ditempuh dengan menggunakan kapal boat dari Pulau Togean.

Beberapa destinasi bisa traveller kunjungi di pulau Una-una, salah satu nya adalah Gunung Api Una-Una atau yang disebut dengan Gunung Colo. Gunung Api Una-Una merupakan salah satu gunung api yang mempunyai keitinggian hanya 238 mdp. Hal ini termasuk paling rendah diantara gunung api yang berada di Indonesia dengan luas kaldera sebesar 2 kilometer. Gunung api ini terhitung masih aktif, untuk itu ketika berkunjung ke Gunung Api una-una traveller tetep harus berhati-hati, disampung bahayanya gunung api una-una traveller juga bisa melihat pemandangan beberapa gugusan kepulauan togean dari gunung api ini dan birunya air laut Sulawesi yang membentang luas.

Selain melakukan trekking ke gunung api una-una, traveller juga bisa melihat peninggalan jaman dahulu. Bahwasanya pulau una-una dulunya terdapat sebuah kerajaan yang disebut dengan kerajaan una-una. Bukti adanya kerajaan tersebut, traveller bisa mengunjungi langsung  makam-makan raja yang terletak di belakang Masjid Jami yang pernah dibangun pada tahun 1804.

Di pula Una-una inilah traveller bisa mengetahui besarnya kerajaan Islam yang pernah di pimpin oleh Raja Una-Una yaitu Abdurahman Laudjeng Dg Meterru atau disebut dengan Raja Tua. Selain ziarah ke makam, traveller juga bisa melakukan ibadah didalam Masjid Jami tersebut. Keunikan masjid ini adalah arsitekturnya perpaduan antara Eropa, China dan Arab. Bahkan lantai keramiknya berasal dari Perancis.

Beberapa kegiatan lainnya yang bisa traveller nikmati ketika menginjakkan kaki di pulau una-una adalah menikmati pohon kelapa yang tersebar di pulau ini. Kenapa bisa disebut dengan una-una karena una dalam bahasa Malaysia adalah kelapa. Berfoto dengan latar belakang pohon kelapa dan menikmati sunset adalah keindahan yang eksotis yang bisa traveller nikmati di pulau Una-una ini.

Foto Oleh : Indonesia Kaya

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

13 November 2021 - 01:16 WIB

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

12 November 2021 - 00:35 WIB

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

10 November 2021 - 08:19 WIB

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

9 November 2021 - 07:22 WIB

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

7 November 2021 - 15:24 WIB

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu

6 November 2021 - 14:29 WIB

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu
Trending di wisata