oleh

Wisata Pulau Panjang Jepara Jawa Tengah

-wisata-303 views

Pulau Panjang ini terletak di sebelah barat Objek Wisata Pantai Kartini yang berjarak 2,5 kilometer. Pulau ini mempunyai luas kurang lebih 19 hektar dan dikelilingi laut dangkal dengan dasar terumbu karang, sehingga pantainya berpasir putih. Di bagian tengah pulau ini terdapat sebuah hutan tropis mini dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi dan dikelilingi oleh semak-semak sebagai tempat burung laut berkembangbiak.

Pantai di Pulau Panjang ini landai, air lautnya cukup jernih dan tidak berarus, sehingga cocok untuk berenang di tepian laut, snorkeling dan bermain kano. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati keindahan Pulau Panjang ini dengan mengelilingi pulau melalui jalan-jalan setapak atau melewati pinggiran pantai.

Selain terdapat hutan tropis mini, di Pulau Panjang ini juga terdapat makam Syeikh Abu Bakar seorang tokoh ulama Jepara. Letaknya di sebelah barat pulau. Makam ini dilengkapi dengan pendopo, masjid, sarana MCK dan warung makan.

Untuk menyeberang ke Pulau Panjang ini wisatawan bisa menyewa kapal nelayan dari Pantai Kartini dan dari Pantai Bandengan. Waktu tempuh dari Pantai Kartini dengan menggunakan kapal nelayan sekitar 10 menit, sedangkan dari Pantai Bandengan membutuhkan waktu agak lama, sekitar 20 menit.

Foto : akhsadew.blogspot

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya