oleh

Wisata Pulau Komodo Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur

-wisata-302 views

Taman Nasional Komodo adalah sebuah wilayah dilindungi yang di dalamnya terdapat banyak sekali spesies hewan dan tumbuhan. Tetapi yang menjadi prioritas utama adalah untuk melindungi hewan purba komodo. Taman Nasional Komodo ini terletak antara Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Luas wilayah taman nasional ini sekitar 1817 kilometer persegi, yang mencangkup 3 pulau besar yaitu pulau Komodo, pulau Padar, pulau Rinca dan beberapa pulau kecil.

Secara geografis, di bagian sebelah timur pulau Komodo berbatasan dengan Pulau Sumbawa. Antara kedua pulau ini terdapat sebuah selat, yang dinamakan selat Sape. Jika dilihat secara administratif, pulau Komodo termasuk dalam pemerintahan kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Sedangkan dibagian barat, pulau Komodo berbatasan langsung dengan Nusa Tenggara Barat.

Di pulau ini, hewan komodo berkembang biak dengan baik. Walaupun dikenal sebagai hewan purba, jumlah komodo saat ini boleh dibilang masih lumayan banyak, sekitar 2500 ekor. Komodo  yang dikenal dengan nama ilmiah Varanus Komodoensis adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup hanya di pulau Komodo, Flores, Rinca, Gili Dasami dan Gili Motang di Nusa Tenggara. Dan oleh penduduk sekitar dikenal dengan nama Ora. Komodo termasuk anggota famili biawak Varanidae, dan klas Toxicofera. Komodo adalah kadal terbesar di dunia, dengan rata-rata panjang mencapai 2-3 meter. Hal ini menjadikan hewan komodo ini menjadi salah Situs Warisan Dunia UNESCO.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya