oleh

Wisata Pulau Kecil Karimunjawa Jepara Jawa Tengah

-wisata-303 views

Karimun Jawa, merupakan kepulauan yang menjadi salah satu destinasi wisata. Karimunjawa mempunyai banyak sekali pulau pulau disekitarnya, Kecamatan Karimun Jawa yang termasuk daerah Jawa Tengah ini mempunyai sebuah pulau yang sangat kecil dan mempunyai pesona tersendiri di mata para traveler.

Pulau Cilik Karimun Jawa, adalah salah satu pulau dari delapan pulau yang berada di kawasan Kepulauan Karimun Jawa yang sering dikunjungi oleh para traveler sebagai wisata bahari. Pulau ini terletak di sisi timur Pulau Karimunjawa ini menjadi bagian dari zona penyangga Taman Nasional laut Karimunjawa.

Untuk menuju ke pulau Kecil dibutuhkan waktu satu jam dari pulau utama karimun jawa, pulau kecil sebenarnya pulau yang tidak berpenghuni, akan tetapi disan terdapat satu rumah yang dihuni oleh penjaga pulau.

Pulau Cilik selain digunakan untuk tujuan para traveler, didaerah ini juga sering disinggahi para nelayan ketika mencari ikan. Pulau yang hanya mempunyai luas sekitar dua hektar ini terdapat dermaga kayu yang unik. Dermaga ini biasa digunakan oleh kapal-kapal nelayan bagi yang ingin merapat. Air laut yang sangat bening atau jernih, membuat traveler yang sedang berjalan-jalan diatas dermaga bisa melihat secara langsung berbagai macam spesies ikan yang berenang di bawah dermaga tersebut.

Keunikan lain di pulau ini juga terdapat pondok kayu, disekitaran pondok kayu dihiasi oleh pohon cemara dan beberapa pohon kelapa yang menjulang tinggi sehingga ketika terlihat dari bibir pantai, pemandangan tersebut tampak indah dilihat. Beberapa kegiatan bisa dilakukan traveler disini, mulai dengan menyisir pantai. Ketika menyisir pantai traveler bisa melihat pasir yang memanjang di bagian sisi pulau yang disebut penduduk karimunjawa sebagai gosongan. Gosongan merupakan daratan pasir yang sangat lembut dan menempel di pulau Cilik tersebut.

Beberapa spot snorkeling juga terdapat di pulau Kecil ini, birunya air laut yang memikat, serta sekelompok ikan badut dan ikan layaran akan menyambut para traveler yang sedang snorkeling di kawasan tersebut. Traveler juga bisa member makan ikan ikan tersebut dengan mengedahakan tangan dengan makanan kecil seperti roti, maka ikan ikan tersebut akan langsung mendekat.

Lebih indahnya lagi ketika pada saat snorkeling traveler melihat hamparan terumbu karang dengan warnanya yang beraneka ragam, tak hanya karang, akan tetapi berbagai ikan  dan kepe-kepe berwarna berenang dengan lincahnya di bawah permukaan air laut. Traveler juga bisa menyaksikan biota laut seperti anemone, ikan badut dan lain sebagainya

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya