Menu

Mode Gelap
 

wisata · 30 Sep 2020 21:28 WIB ·

Wisata Pulau Kaniungan Berau Kalimantan Timur


					Wisata Pulau Kaniungan Berau Kalimantan Timur Perbesar

Wisata Pulau Kaniungan Berau Kalimantan Timur

Berau merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Wilayah Derawan. Berau memiliki sejuta potensi wisata dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Mulai dari keindahan pasir pantai nya hingga alam bawah lautnya, salah satu yang terkenal adalah Pulau Derawan.

Namun taukah traveller selain Pulau Derawan, Berau juga memiliki salah satu pulau dengan keindahan yang tidak mau kalah dengan Pulau Derawan, yaitu Pulau Kaniungan Besar. Pulau Kaniungan merupakan salah satu pulau dengan pemandangan pasir pantai nan putih dipadu dengan ribuan pohon kelapa yang menjulang tinggi. Pulau ini termasuk terletak di Pesisir Selatan Berau, Kecamatan Biduk-Biduk yang tepatnya terletak di Kampung Teluk Sumbang.

Pulau Kaniungan memang tidak setenar Pulau Derawan, meski belum banyak dikenal di kalangan wisatawan, menjadikan pulau ini kealamiannya tetap terjaga. Bagi traveller yang ingin menikmati Pulau Kaniungan membutuhkan perjalanan yang cukup panjang. Traveller bisa berangkat melalui Tanjung Redeb mulai dari jalur darat menuju ke Biduk-Biduk kurang lebih 5 hingga 6 jam perjalanan.

Setelah sampai di kecamatan Biduk-Biduk traveller bisa langsung menuju dermaga penyebrangan yang terletak di Kampung Teluk Sulaiman. Traveller akan melihat suasana yang masih sepi dan sangat kental dengan pemandangan garis pantai tanpa penghuni. Rasa lelah setelah 6 jam perjalanan traveller akan terbayar ketika melihat pemandangan alam di Kampung Teluk Sulaiman.

Setelah beristirahat sejenak di Teluk Sulaiman, traveller bisa menaiki kapal dan melakukan penyebrangan yang bisa disewa dari warga. Satu kapal bisa menampung maksimal 8 orang. Ditengah perjalanan traveller sudah bisa melihat keindahan Pulau Kaniungan dari lepas pantai.

Setelah sampai di Pulau Kaniungan, traveller akan melihat keindahan pantainya yang sangat eksotis dengan tumbuhan pohon kelapa liar yang menjulang tinggi. Bahkan jika ingin berkeliling ke pulau ini traveller akan membutuhkan waktu lebih lama, karena di perkirakan luasnya tiga kali dari Pulau Derawan.

 

Bagi para divers atau penyelam yang ingin melihat keindahan bawah laut yang luar biasa disinilah tempatnya. Lokasin yang sangat alami dan tidak ada satupun sampah yang mengotorinya.

Meskipun suasanaya masih alami dan sepi, bukan berarti pulau ini tidak ada penghuninya, Pulau Kaniungan sendiri merupakan pulau berpenghuni dengan beberapa warga idalamnya. Beberapa penginapan dan homestay yang di dirikan oleh warga ada di sini dan traveller bisa menginap beberapa hari untuk menikmati keindahan Pulau Kaniungan.

Foto : Franausia

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

13 November 2021 - 01:16 WIB

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

12 November 2021 - 00:35 WIB

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

10 November 2021 - 08:19 WIB

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

9 November 2021 - 07:22 WIB

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

7 November 2021 - 15:24 WIB

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu

6 November 2021 - 14:29 WIB

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu
Trending di wisata