oleh

Wisata Pulau Giliyang Sumenep Jawa Timur

-wisata-304 views

Berkunjung ke Pulau Madura memang tak ada habisnya destinasi wisata yang berada di pulau tersebut. Biasanya orang mengira Madura adalah pulau yang panas. Namun ada salah satu pulau di Madura dimana para traveller bisa merasakan oksigen terbaik dan terasa sejuk meski berada di sekitar pesisir pantai selatan.

Pulau tersebut adalah Pulau Giliyang adalah mempunyai kadar oksigen  berkisar 3,3 persen hingga 4,8 persen di atas normal, hal tersebut merupakan hasil penelitian LAPAN 2006. Wilayah ini memang sedikit unik di banding dengan pantai-pantai lainnya yang berada Jawa Timur khususnya Madura.

Bagi traveller yang mempunyai budget terbatas. Menuju Pulau Giliyang Madura adalah pilihan yang tepat. Dari kota Sumenep traveller bisa menaiki mobil angkutan umum untuk menuju ke Pelabuha Dungkek dimana di pelabuhan tersebut banyak terdapat motor nelayan yang akan mengantarkan para traveller menuju Pantai Giliyang. Sekitar hampir satu jam, traveller akan melakukan parjalanan. Deburan ombak yang tidak terlalu besar, serta kejernihan air laut akan membuat traveller lebih terkesan.

Uniknya jika traveller pergi ke Pulau Giliyang, traveller bisa pergi ke titik Oksigen, yang terletak di Desa Bancamara. Ditik inilah traveller bisa merasakan kapasitas oksigen yang lebih dari biasanya.

Wisata lainnya yang bisa traveller lakukan selama di Pulau Giliyang adalah seperti Wisata Gua, di pulau ini terdapat wisata gua dimana traveller bisa menyusuri didalamnya. Selain itu juga ada Wisata Tebing, banyak ukiran batu alami yang berada di tepi laut. Banyak sekali susunan batu hitam yang merupakan benteng tempo dulu yakni semasa orang pertama menghuni Pulau Giliyang, Daeng Masalle, asal Sulawesi.

Namun sayang penginapan di Pulau Gilayang tidak tersedia yang memang dikhususkan untuk menginap. Traveller yang pergi ke Pulau Giliyang bisa memanfaatkan rumah warga untuk di sewa, masyarakatnya sangat ramah dan welcome dengan para pendatang. Namun jika traveller adalah jiwa petualang. Traveller bisa bermalam di alam bebas di beberapa titik oksigen atau mendirikan tenda di alam bebas.

Soal tempat makan, traveller bisa memilih apa saja yang tersedia di pulau Gilayang, rata-rata penduduk setempat menjual kuliner mulai makanan seafood serta beberapa makanan jajanan pada umumnya yang sering di jual di kota kota besar.

Foto Oleh : TribunJatim

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya