oleh

Wisata Pulau Gili Lawa Flores Timur Nusa Tenggara Timur

-wisata-304 views

Gili Lawa, merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah utara Pulau Komodo dan langsung berhadapan dengan laut Flores. Gili Lawa adalah pulau yang tidak berpenghuni. Ketika kami datang kesana dan bertemu dengan penduduk sebelum melakukan penyebrangan menuju Gili Lawa, orang lokal menyebutnya dengan sebutan Gili Laba. Gili Laba atau Gili Lawa dibagi menjadi dua bagian, yaitu Gili Lawa Darat dan Gili Lawa Laut. Keduanya menawarkan berbagai macam keindahan bawah laut yang sangat mempesona, sehingga Gili Lawa sangat cocok untuk kegiatan snorkeling maupun diving, Karena didalamnya terdapat berbagai macam ikan dan terumbu karang yang begitu indah.

Lokasi Gili Lawa sendiri letaknya memang cukup jauh dari Labuan Bajo atau sekitar hampir satu jam perjalanan menggunakan kapal, Gili Lawa adalah pintu gerbang untuk menuju Pulau Komodo. Ketika Tim Wisatakita memasuki lokasi ini, kami pun turun dari kapal yang di berhentikan agak jauh dari bibir pantai dan sedikit berbasah-basahan untuk menuju ke pantai, namun tidak perlu khawatir karena perairan cukup dangkal. Sengaja memang, kapal  tidak diperbolehkan ke area bibir pantai karena ada larangan, dan di khawatirkan dapat merusak terumbu karang dan keindahan laut didalamnya.

Gili Lawa tidak beda jauh dengan Pulau lainnya disekitar Taman Nasional Komodo, disini terdapat beberapa lokasi yang cukup bagus untuk melihat beberapa pemandangan, khususnya di atas bukit Pulau Gili Lawa. Hamparan laut yang biru, birunya langit dan perbukitan berjajar dengan warna hijau yang sangat indah menghiasi Pulau Lawa. Namun untuk menuju ke lokasi perbukitan yang biasa di gunakan untuk melihat beberapa pemandangan tidak ada jalur khusus. Kami bebas menentukan jalur untuk menuju puncak beberapa barisan bukit yang ada di Giri Lawa. Dengan berjalan kaki membutuhkan waktu sekitar 40 menit. Dan perlu di ketahui, pulau ini adalah pulau yang tidak berpenghuni.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya