oleh

Wisata Pulau Bair Tual Raja Maluku Tenggara Maluku

-wisata-303 views

Bagi beberapa traveller, Indonesia Timur adalah surganya wisata bahari. Salah satunya adalah di wilayah Maluku. Maluku terkenal akan propinsi dengan bentuk kepulauan dan terdapat puluhan pulau di bawah naungan wilayah Maluku. Salah satu Pulau yang berada disana adalah Pulau Raja Maluku, atau yang dikenal dengan sebutan Pulau Bait Tual Raja.

Untuk menuju ke Pulau Bair tual Raja aksesnya cukup mudah. Traveller bisa mulai perjalanan darat dari Tual, lalu melakukan perjalanan melnuju Desa Dullah Darat dengan lama perjalanan kurang lebih sekitar setengah jam.

Dari Pelabuhan Dullah inilah, traveller bisa menyewa speed boat, kurang lebih satu jam perjalanan, traveller akan sampai di Pulau Bair Tual Raja. Pulau Bair sangat cocok dijadikan sebagai lokasi liburan, terutama bagi mereka para traeller yang ingin mencari suasana bahari yang asri dan tenang.

Setelah sampai di Pulau Bair, traveller akan melihat di  sekitar kawasan Bairterdapat vegetasi mangrove dan gugusan tebing yang berdiri kokoh. Tak heran bila banyak orang kemudian memuji pulau ini sebagai kembaran Raja Ampat. Keunikan dari Pulau Bair yang berada di Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku ini, adalah memiliki ciri khas berupa dua teluk dengan air laut jernih berwarna kehijauan. Arusnya tergolong tenang sehingga sangat cocok untuk bermain air di sekitar pulau pulau yang ada di antaranya.

Selama berada di Pulau Bair, traveler bisa melakukan beberapa kegiatan pantai seperti menikmati pemandangan yang menyegarkan mata. Berenang, berjemur, snorkeling, atau rebahan di atas perahu kecil . Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Bair adalah pada pergantian musim, antara Maret hingga Agustus. Saat itu kondisi ombak kemungkinan tidak terlalu besar.

Bagi pecinta Kuliner, Pulau Bari juga menjajakan berbagai macam kuliner, salah satunya adalah Embal. Embal merupakan Sajian khas ini terbuat dari singkong dan merupakan makanan pokok masyarakat Kei. Selain itu ada juga hidangan bernama Lad, tumisan yang terbuat dari rumput laut. Makanan makanan ini tidak mau kalah populernya dengan seafood ternyata.

Bagi yang ingin bermalam, di sekitar Bair terdapat sejumlah cottage khusus yang bisa disewa. . Bisa bayangkan kan, menginap disana sambil menikmati suasana serpihan suraga. Pastinya seru menghabiskan hari hari berlibur di Pulai Bair Tual Raja bersama orang-orang tercinta.

Bila air laut sedang surut, traveller bisa meluhat tebing tebing yang berdiri di atas lautan serta melihat beberapa pantai lainnya . Keunikan lainnya , disaat tertentu, traveller juga bisa melihat kumpulan dari ikan hiu berjenis Blackpit yang berada di Pulau Bair ini.

Foto Oleh : TravelingYuk

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya