oleh

Wisata Pasir Putih Lembah Baliem Jayawijaya Papua Timur

-wisata-303 views

Traveller tentunya sudah tidak asing dengan pemandangan pasir putih yang berada di tepi pantai, hal tersebut adalah hal yang sudah biasa bukan? Namun bagaimana jika pemandangan pasir putih tersebut tidak berada di tepi lautan atau desiran ombak,pasti sungguh aneh. Hal ini ada di wilayah negeri kita tercinta ini, Indonesia tepatnya di daerah Papua.

Wamena adalah sebuah kota yang berada di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, Indonesia, sekaligus merupakan ibu kota kabupaten tersebut. Wamena merupakan satu-satunya kota terbesar yang terletak di pegunungan tengah Papua

Diwilayah inilah terdapat sebuah lembah dengan nama Lembah Baliem, lembah ini merupakan sebuah hamparan pasir putih pada sebuah lembah tanpa laut atau air setetes pun. Sebuah kondisi geografis alam Papua yang sebenarnya yang tidak bisa masuk akal atau terpikir dengan nalar, kenapa ada pasir putih di tengah pegunungan. Masyarakat setempat menyebut tempat ini sebagai Pasir Putih.

Pasir Putih yang saat ini mulai di jadikan tempat unik untuk destinasi wisata ini terletak di wilayah desa Aikima, Wamena. Untuk menuju Pasir Putih, traveller bisa menempuhnya dengan waktu kurang lebih 15 menit dari kota Wamena dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Kondisi alam yang berbatuan membuat traveller yang menuju tempat ini serasa berpetualang di dunia yang berbeda. Pasir Putih ini penuh dengan bebatuan dan berada di salah satu sisi bukit berumput hijau yang mengelilingi Lembah Baliem. Hal ini membuat Pasir putih tampak begitu jelas bila dilihat dari udara.

Traveller akan melihat banyak kumpulan batu karang yang terlihat seperti muncul dari atas permukaan pasir yang menjalar hingga ke punggung bukit. Sedikit-sedikit semak belukar juga tampak menghiasi bebatuan yang membuat Pasir Putih menjadi lebih indah. Yang menandakan seolah-olah dulunya tempat ini adalah lautan.

Betapa uniknya saat traveller berjalan di jalan setapak terjal yang terlihat alami terjuntai meliuk dari atas bukit hingga ke kakinya. Tempat ini adalah sebuah keajaiban kecil di Lembah Baliem. Padahal lokasinya jauh di atas ketinggian permukaan laut yaitu 1600 mdpl.

Walau hari panas dengan terik mataharinya, traveller akan terasa suasana di atas Lembah Baliem cukup sejuk karena berada diatas perbukitan Wamena. Traveller juga bisa melihat deretan perbukitan mengelilingi sekitar Lembah Baliem dengan hamparan pasir pantai tanpa lautan diseklilingnya.

Foto Oleh : Desgram

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya