Menu

Mode Gelap
 

wisata · 7 Okt 2021 22:36 WIB ·

Wisata Pantai Marunda Jakarta Utara Daerah Khusus Ibukota Jakarta


					Wisata Pantai Marunda Jakarta Utara Daerah Khusus Ibukota Jakarta Perbesar

Wisata Pantai Marunda Jakarta Utara Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jakarta adalah kota terbesar di Indonesia yang terdiri dari bangunan-bangunan tinggi, namun siapa sangka jika Jakarta ternyata mempunyai keindahan pantai di bagian utara, yaitu Pantai Marunda yang terletak di Cilincing. Pantai Marunda merupakan destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan pada saat liburan. Tidak disangka jika tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan di Jakarta yang sesungguhnya.

Pantai Marunda sendiri sangat cocok untuk mengisi liburan yang bagi para traveller dari Jakarta yang tidak ingin pergi jauh-jauh dari ibukota. Pantai ini biasanya penuh saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya. 

Pantai Marunda juga termasuk salah satu kawasan yang dinilai sebagai tempat bersejarah yang terletak tidak jauh dari pemukiman padat penduduk yang dilengkapi dengan hutan bakau.Menurut sejarah, Pantai Marunda adalah pantai bersejarah karena kisahnya yang merupakan salah satu gerbang utama dari perdangan Hindia Timur atau VOC untuk memasuki Batavia saat itu, sekarang Jakarta.

Bahkan pada tahun 1970 an Pantai ini menjadi ikon yang unik bagi wilayah Jakarta dan Bekasi sehingga cukup popular untuk dijadikan kawasan wisata warga serta dijadikan lokasi syuting film-film jaman dahulu. Di sekitar pantai ini juga terdapat situs bersejarah seperti Masjid Al Alam dan Rumah si Pitung sang legenda dari betawi.

Meski terletak di pinggiran Ibu Kota Jakarta, ternyata pantai ini memiliki daya tarik bagi masyarakat Jakarta, khususnya yang berada di Jakarta Utara. Terik matahari yang begitu menyengat, Bibir pantai yang terkesan sederhana dengan tanggul beton langsung. Sayangnya pantai ini tidak memiliki pasir hitam atau pun putih, karena bibir pantai langsung berbatasan dengan tanggul yang juga berfungsi sebagai tempat duduk. Selain itu tanggul tersebut juga berfungsi sebagai penahan laju abrasi Permukaan air laut .

Hal yang menarik di Pantai Marunda adalah adanya susunan bambu dan kayu yang menjorok ke laut pada beberapa titik lokasi di sepanjang bibir pantai. Susunan ini digunakan sebagai dermaga juga untuk tempat pemancingan. di pinggir Pantai Marunda traveller juga bisa menikmati sajian makanan ikan laut serta kerang yang di jual oleh warung-warung di sekitar Pantai Marunda.

Untuk fasilitas, area Pantai Marunda cukup lengkap, karena terletak setelah kawasan Industri pinggir laut Jakarta, mulai dari mushola, kamar mandi, rumah makan, tempat istirahat dan beberapa alat transportasi untuk menuju baik ke Jakarta maupun Pantai Marunda sudah tersedia.

Foto Oleh : travel.tempo.co

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

13 November 2021 - 01:16 WIB

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

12 November 2021 - 00:35 WIB

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

10 November 2021 - 08:19 WIB

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

9 November 2021 - 07:22 WIB

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

7 November 2021 - 15:24 WIB

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu

6 November 2021 - 14:29 WIB

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu
Trending di wisata