oleh

Wisata Pantai Cemara Banyuwangi Banyuwangi Jawa Timur

-wisata-303 views

Banyuwangi memang menjadi salah satu Kabupaten tujuan wisata di Jawa Timur saat ini. Secara geografis yang letaknya di ujung timur pulau jawa dan berdekatan dengan Bali, membuat Banyuwangi menjadi salah satu potensi wisata besar di pulau Jawa, khususnya bagi wisatawan mancanegara. Salah satu obyek wisata yang dapat dikunjungi adalah Pantai Cemara.

Terletak di Dusun Rowo, Desa Pakis, Banyuwangi, Pantai Cemara mulai dikenal sejak 2015 silam. Pantai ini dulunya bernama pantai  Rejo yang lebih di kenal sebagai pantai pendaratan para nelayan dan disana juga digunakan sebagai tempat jual beli ikan secara langsung antara nelayan dengan pembeli.

Dari sini pemerintah setempat inisiatif untuk mulai menanam pohon cemara, menata pantai lebih bagus dan struktur, sehingga akhirnya lebih dikenal sebagai pantai Cemara. Selain pantainya lebih indah, banyak wisatawan yang mulai berkunjung ke Pantai Rejo, lambat laun pantai ini berubah nama menjadi pantai Cemara karena banyaknya pohon cemara yang di tanam.

Pantai Cemara sendiri mempunyai panjang 2 km dan membentang dari utara hingga selatan, Pantai ini di penuhi dengan pohon cemara yang terbentang sepanjang pantai dengan jumlah lebih dari 16 ribu pohon rindang. Dari kejauhan pasti terlihat seperti hutan cemara yang sangat rimbun, dan cocok di jadikan latar belakang untuk berfoto.

Ombaknya yang tidak terlalu besar membuat Pantai Cemara menjadi tempat favorit bagi warga Banyiwangi, Bagi anak-anak maupun dewasa pantai ini cukup aman. Banyak traveller yang suka berkunjung kesini untuk menikmati pantai atau selat bali di bawah rindangnya pohon cemara..

Bahkan saking banyaknya phon cemara yang di tanam sepanjang membuat warga setempat meyebutnya goa cemara. Karena banyak, pohon cemara besar dan rindang sehingga menyerupai goa yang panjang dan indah. Tempatnya yang rindang cocok untuk berteduh atau sekedar berjalan – jalan menyusuri lorong goa cemara.

Pantai cemara sendiri merupakan pantai dengan pasir berwarna hitan dengan butiran pasir yang lembut, Selain menjadi pantai yang cukup rindang dan adem, Di sepanjang pantai ini banyak terdapat para penjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Traveller bisa menyewa tikar sambil santai duduk duduk dan makan disana.

Jangan heran jika di pagi hari sebelum subuh pantai ini sangat ramai, karena sekitar pantai ini terdapat arena kamping, mereka biasanya menginap di kamp lalu paginya ingin menikmati sunrise di pantai Cemara. Bahkan beberapa meyebut Banyuwangi menjadi lokasi Sunrise of Java, karena memang letaknya di ujung timur dimana matahari terbit.

Selain Sunrise serta desiran ombak dengan hamparan pasir Pantai yang tenang , Pantai ini juga memiliki tempat penangkaran penyu semi alami yang masih sederhana. Tempat ini terdiri dari tempat pembesaran dan edukasi penyu. Ketika masa musim telur penyu, bila anda beruntung akan dapat melihat penyu yang melakukan pendaratan untuk bertelur secara langsung di tepi Pantai.

Foto Oleh : Kebanyuwangi.com

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya