oleh

Wisata Pantai Batu Maladong Sumba Barat Nusa Tenggara Timur

-wisata-302 views

Sumba, dikenal dengan wisata baharinya. Salah satu pantai dengan keunikan batu karangnya adalah Pantai Batu Malandong yang terletak dua jam perjalanan dari Bandara Tamolaka, Nusa Tenggara Timur. Pantai yang terletak di daerah kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat ini termasuk sepi. Lokasi pantainya pun cukup tersembunyi, karena termasuk pantai yang jarang di kunjungi.

Untuk menuju Pantai Batu Malandong, traveler bisa melakukan perjalanan dari Bandara selama dua jam dengan melewati jalan yang belum semuanya beraspal. Perjalanan melewati suasana pedesaan, beberapa perkebunan sekitar bisa dinikmati untuk menuju pantai Malandong.

Setelah sampai dikawasan Kecamatan Kodi, traveler akan menemukan papan penunjuk jalan, jalan setapak yang cukup untuk lewat mobil bisa dilalui untuk menuju kawasan pantai Malandong. Jangan heran jika kawasan ini masih terlihat sangat alami, beberapa jalur bebatuan, tanjakan dan turunan harus traveler lalui. Sayangnya kendaraan seperti mobil harus di parkir di wilayah ini, dan traveler harus berjalan kaki melalui bebatuan, semak-seman selama 10 menit.

Kawasan pantai Batu Maladong terdiri dari tepian tebing dan bukit yang berbatasan langsung dengan pantai. Berdiri di bukit tersebut traveler bisa melihat dua pantai sekaligus yaitu Pantai Watu Malandong dan Pantai Bawana.

Pantai Batu maladong menyajikan panorama alam berupa 5 buah gugusan batu Karang yang berada dilaut yang menyimpan cerita tersendiri. Pantai ini masi alami dengan tebing – tebing batu karang yang tinggi di pinggir pantai dan cocok untuk aktivitas memanjat tebing.

Sangat di rekomendasikan untuk para traveler ketika berkunjung di pantai ini pada saat matahari akan terbenam. Akan tetapi yang perlu di perhatikan adalah bekal dan keselamatan traveler dan peralatan yang di bawa harus cukup lengkap. Untuk akses menuju bukit dan pantai traveler harus melewati tebing sepanjang 20-30  meter dengan kemiringan hampir 80 derajat

Traveler tidak perlu kawatir, semua perjalanan yang di lewati dengan bersusah payah akan terbayarkan dengan keindahan alam yang eksotis yaitu sunset yang ada tenggelam di antara Batu Malandong ini diiringi dengan suara ombak dilautan.

Perlu traveler ketahui juga, kawasan Batu Malandong ini merupakan kawasan penghasil jambu mente, dengan hasil produksi kacang mente yang sangat melimpah ruah. Tidak ada salahnya jika traveler juga menyempatkan untuk membeli oleh-oleh berupa kacang mente ketika berkunjung di Pantai Batu Malandong ini.

Foto : IDN Times

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya