oleh

Wisata Pagoda Watugong Semarang Jawa Tengah

-wisata-303 views

Jika traveller melakukan perjalanan dari Solo maupun Jogja menuju Semarang, ketika sampai di wilayah ungaran, traveller akan melihat menara disisi jalan yang menjulang tinggi di wilayah Watugong. Menara tersebut merupakan Pagoda Avalokites Vara  Buddhagaya Watugong yang merupakan tempat ibadah untuk umat Budha.

Pagoda yang pernah di bangun di tahun 1957 ini merupakan Vihara pertama di ndonesia setelah runtuhnya majapahhit yang sempat terlantar beberapa tahun. Lalu beberapa tahun kemudian di renovasi menjadi wihara yang cukup besar dan megah. Hingga kini Vihara tersebut merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Kabupaten Semarang.

Terletak di pinggir Jalan Solo- Semarang atau Jl.Perintis Kemerdekaan, Kompleks Vihara Buddhagaya Watugong yang mempunyai luas 2,25 hektar ini terdiri dari 5 bangunan utama dengan 2 bangunan utama, yaitu Pagoda Avalokitesvara dan Vihara Dhammasala. Pagoda tersebut bisa ditemui di depan markas Kodam IV Diponegoro, Watu Gong Semarang. Pagoda ini merupakan pagoda tertinggi di Indonesia yang ketinggiannya mencapai 45 meter.

Selain sebagai tempat beribadah, Pagoda Watugong juga termasuk salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi para traveller hanya untuk sekedar berfoto dan melihat arsitek Pagoda Budhagaya yang menjulang tinggi.

Ketika traveller berkunjung Ke Pagoda yang juga mempunyai nama Kwan In ini traveller akan melihat di pelataran patung Sidharta Gautama duduk di bawah pohon Bodhi yang sangat rindang. Disisi lain juga terdapat patung buda tertidur bewarna cokelat dengan pakaian bewarna emas.

Sedangkan didalam Pagoda traveller bisa menikmati interior bangunan yang khas akan Budha. Umat Budha juga terkadan biasa melakukan ritual Tjiam Shi d I pagoda ini untuk mengetahui nasib manusia. JIka traveller suka dengan dunia ramalan, di dalam Pagoda tersebut juga terdapat bamboo-bambu yang bisa di goyangkan, pada bamboo tersebut terdapat tanda untuk mengetahui nasib yang bisa di baca oleh petugas disana.

Foto Oleh : DolanDolen

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya