oleh

Wisata Museum Siwa Lima Ambon Maluku

-Optimis-302 views

Siapa sangka jika di Ambon memiliki Museum yang pernah di bangun di masa penjajahan. Museum ini cukup unik karena lokasinya berada di atas bukit dan berhadapan langsung dengan teluk Ambon. Sehingga traveller yang berkunjung ke museum ini dapat melihat langsung keindahan teluk Ambon yang begitu eksotis dari atas ketinggian. Museum tersebut adalah museum Siwalima.

Untuk menuju lokasi Museum Siwalima, traveller bisa melakukan perjalanan ke kawasan Taman Makmur, yang hanya berjarak 5 km dari pusat Kota Ambon. Tepatnya, Museum ini berada di Desa Amahusu, Kecamatan. Nusaniwe, Kota Ambon, Provinsi Maluku. Jalan yang di gunakan untuk akses menuju museum juga cukup mudah karena bisa ditempuh baik menggunakan transportasi umum maupun transportasi pribadi.

Museum yang pernah didirikan di tahun 1973 ini mempunyai filosofi khusus dari namanya, yaitu Siwa dari kata Ulisiwa. Dalam bahasa Indonesia berarti Sembilan. Kata tersebut merujuk pada jumlah kerajaan di Maluku Selatan dulunya ada 9 kerasaan. Sedangkan kata Lima di ambil dari kata Patalima yang berarti Lima dengan merujuk pada lima kerajaan yang berada di Maluku Utara.

Museum Siwalima terdiri dari dua buah bangunan yang berlokasi yang berbeda. Dengan jarak antar bangunan tersebut sekitar 500 meter. Museum Siwalima 1 lebih berisi pada benda-benda sejarah tentang kelautan atau bahari dari masyarakat Ambon dan beberapa properti laut lainnya. Di Museum Siwalima 1 juga  terdapat fosil binatang binatang laut  hingga tiga buah fosil ikan paus yang sangat besar di museum ini, dengan panjang masing masing 17 m, 9 m, dan yang terbesar 19 m.  Pertama kali masuk ke kedua museum tersebut traveller akan menjumpai tulisan dengan bahasa Ambon “Usu Mae Upu”, yang artinya adalah “Silahkan Masuk”.

Sedangkan Museum Siwalima 2 traveller bisa melihatbenda benda etnis atau yang disebut juga dengan “Etnografi”. Museum ini dipenuhi dengan berbagai benda yang berkaitan dengan budaya masyarakat Ambon. Beberapa benda etnis Maluku yang bisa di jumpau di Museum Siwalima 2 antara lain adalah, Bangunan asli masyarakat Maluku, Alat alat pertanian, Pakaian adat masyarakat Maluku, Perlengkapan upacara adat, Guci guci peninggalan masa jaman penjajahan Jepang dan Koleksi uang jaman dulu.

Foto Oleh : Museum Siwalima

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *