oleh

Wisata Museum Kretek Kudus Kudus Jawa Tengah

-wisata-302 views

Kudus terkenal dengan sebagai kota penghasil rokok terbesar di Indonesia, hingga Kudus disebut dengan kota Kretek. Bagi traveller pecinta berat dengan rokok, tidak ada salahnya jika mengunjungi museum yang menampilkan sejarah pembuatan rokok kreten bersama dioramanya. Karena produk disini adalah produk asli Indonesia.

Museum Kretek bisa traveller kunjungi di Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati Kudus. Museum ini letaknya tidak jauh dari perbatasan antara Demak dan Kudus. Museum yang berdiri sejak tahun 1986 menyajikan berbagai macam sejarah tentang rokok terutama kretek yang telah berhasil menghidupi dan menyejahterakan masyarakat Kudus dan sekitarnya.

Saat datang ke museum ini, traveller bisa berkeliling Museum yang mempunyai luas sekitar 2 hektar. Disini pengunjung museum bisa melihat berbagai macam koleksi alat-alat untuk memproduksi rokok. Ada alat penggilingn cengkeh, giling tembakau, pemotong atau perajang tembakau dan alat linting rokok.

Beberapa foto pengusaha dan tokoh tokoh yang mengembangkan rokok kretek juga terpajang di setiap sudut ruangan museum. Traveller juga bisa melihat film documenter mengenai sejarah pembuatan rokok hingga perkembangannya hingga sekarang. Disini tentunya para penikmat rokok dan pecinta rokok dapat secara jelas melihat bagaimana rokok kretek selama ini tercipta.

Selain alat dan foto-foto yang terpajang, traveller juga bisa menyaksikan secara langsung diorama pembuatan rokok kretek hingga pemasaran serta penjualan rokok. Disini bisa melihat bagaimana proses menanam, mengumpulkan, pemadatan, hingga penggilingan tembakau. Selain itu juga teknik marketing para pembuat rokok untuk menjualnya secara langsung kepada para perokok.

Rokok berisi tembakau dan cengkeh memang kota Kudus adalah surganya. Bahkan saat ini banyak pabrik-pabrik rokok modern yang berdiri disana. oh, iya.. di sekitar museum juga terdapat beberapa sarana hiburan dan tidak hanya museum saja. Bagi yang berkunjung ke museum bersama keluarga, bisa juga bermain ke waterboom yang masih satu komplek dengan museum kretek Kudus.

Foto Oleh : Kompas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya