oleh

Wisata Museum Keris Indonesia Surakarta Jawa Tengah

-wisata-304 views

Traveller suka akan benda-benda tradisional jawa seperti keris? Jika traveller sedang berkunjung ke kota Solo (Surakarta) tidak ada salahnya mampir disalah satu museum yang terdapat di Solo, yaitu Museum Keris Nusantara yang menyimpan ratusan koleksi senjata tradisional dari berbagai daerah di Indonesia yang mayoritas merupakan berasal dari tanah Jawa.

Untuk menuju Museum Keris Nusantara caranya cukup mudah, Museum ini terletak di kompleks stadion sriwedari atau sekarang disebut dengan R.Maladi bagian belakang. Ketika berkunjung kedalam museum ini, traveller akan melihat sekitar lebih dari 400 buah senjata tradisional berupa keris dan tombak Jawa. Bahkan ada beberapa merupakan senjata tradisional yang berasal dari luar Jawa.

Beberapa senjata tradisional mulai dari Bugis, Nusa Tenggara Timur, Irian, Aceh hingga Jawa lengkap terpajang disini. Traveller juga bisa melihat secara langsung 233 keris dan tombak yang dipajang dan sisanya disimpan secara bergiliran sampai akhirnya mendapatkan giliran untuk dipajang setiap tiga bulan sekali.

Traveller juga bisa melihat keris yang sudah ada dibuat sejak abad ke 8. Terdapat juga tangguh Budha, Singosari, Mahapahit hingga kerajaan Mataram. Rata ratkea keris yang ada di Museum Keris Indonesia merupakan pemberian dan hibah yang diberikan dari orang-orang yang memberikan keris, sehingga ketika traveller berkunjung kesana, traveller bisa melihat Keris tersebut berikut dengan nama yang pernah mempunyai keris tersebut.

Museum Keris Nusantara tersebut juga termasuk museum yang baru. Secara fisik bangunan Gedung Keris ini dibangun sejak tahun 2013. Traveller juga bisa melihat berbagai macam diorama didalamnya bagaimana proses pembuatan keris yang lengkap dengan peralatannya termasuk besalen. Selain keris dan diorama, traveller juga bisa mengunjungi perpustakaan diruang edukasi untuk menambah pengetahuan tentang Keris.

Foto : Tribun Solo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya