oleh

Wisata Museum Kereta Api Ambarawa Semarang Jawa Tengah

-wisata-303 views

Ambarawa, merupakan kota yang terkenal akan perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia di wilayah Jawa Tengah. Selain palagan ambarawa yang terkenal. Di dekatnya terdapat sebuah stasiun kuno peninggalan jaman penjajah yang saat ini dijadikan sebuah Museum Kereta Api. Di museum inilah traveller bisa melihat beberapa lokomotif atau kereta uap yang usinya sudah ratusan tahun.

Untuk menuju lokasi museum cukup mudah, traveller cukup melakukan perjalanan dari semarang maupun dari kota Solo. Jika naik kendaraan umum bisa berhenti di terminal Bawen dan melanjutkan perjalanan menggunakan angkota jurusan ambarawa dari terminal Bawen.

Setelah sampai di Museum ini, traveller akan disambut dengan lokomotif seri C 1507 yang dipajang di depan jalan masuk ke museum. Kereta yang  berdiri dengan kokohnya menyambut kedatangan setiap wisatawan yang ingin mengisi liburan panjan atau akhir pekan bersama keluarga.

Museum Kereta Api Ambarawa merupakan stasiun satu satunya di Indonesia yang di alih fungsikan menjadi Museum dan memiliki koleksi kereta api kuno yang masih lengkap dan pernah Berjaya dijamannya. Beberapa kereta api adalah buatan Maschinenfabrik Esslingen dan Hannoversche Maschinenbau AG dan beberapa diantaranya masih dijadikan sebagai kereta api wisata.

Traveller juga bisa melihat kereta api yang hanya terdapat 3 didunia yaitu Indonesia, Swiss dan India. Kereta api tersebut adalah lokomotif uap bergerigi ini sangat unik yang biasa digunakan untuk medan tanjakan. Selain koleksi-koleksi unik tadi, juga terdapat lokomotif uap dari seri B, C, D hingga jenis CC yang paling besar (CC 5029, Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik/Swiss Locomotive and Machine Works) yang bisa dijumpai di halaman Museum.

Beberapa kegiatan bisa traveller lakukan dengan mencoba menaiki kereta api dengan rute dari kota Ambarawa menuju Tuntang (arah salatiga rawa pening) atau alternatif kedua rute Ambarawa menuju Bedono. Ada dua pilihan kereta, perta kereta uap yang berusaha ratusan tahun atau kereta reguler dengan mesin diesel kuno. Selama perjalanan traveller bisa melihat langsung pemandangan alam yang begitu indah melintasi perbukitan mulai dari gunung ungaran, merbabu hingga rawa pening. Rute tersebut kini di kelola khusus oleh PT KAI DAOP IV Semarang sebagai jalur khusus wisata Kereta Api.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya