oleh

Wisata Museum Brawijaya Malang Jawa Timur

-wisata-303 views

Malang merupakan daerah yang kaya akan tempat wisata, mulai wisata kekinian hingga wisata sejarah. Salah satu peninggalan sejarah di kawasan Malang, berpusat di salah satu museum, yaitu Museum Brawijaya. Museum ini banyak menyimpan kisah sedih di jaman penjajahan hingga kemerdekaan. Salah satu yang terkenal adalah Gerbong Maut. Dimana gerbong tersebut merupakan gerbong yang pernah digunakan untuk mengangkut tawanan tanpa ventilasi udara, sehingga banyak orang yang meninggal didalamnya.

Museum Brawijaya sendiri terletak di Jalan Ijen no 25. Malang. Lokasi ini sangat mudah dijangkau dan strategis baik diakses dengan kendaraan pribadi dan angkutan umum. Selain museum, kawasan sekitarnya begitu sejuk dan banyak pohon yang rindang, sehingga sangat nyaman untuk jalan-jalan.

Selain gerbong maut yang begitu terkenal di Museum Brawijaya, beberapa koleksi benda-benda bersejarah juga banyak terdapat di sini. Traveller juga bisa melihat beberapa koleksi Tank yang biasanya digunakan untuk berfoto. Selain tank, berlatar belakang museum dengan halaman yang luas traveller juga berfoto langsung dengan tiga Tank yang pernah digunakan untuk pertempuran 10 November di Surabaya.

Ketika memasuki ruangan museum, traveller akan melihat disana ada dua ruang utama. Terdapat mobil De Soto USA yang pernah digunakan oleh Kolonel Soengkono saat menjabat sebagai panglima di Brawijaya, koleksi perabotan ruang rapat hingga berbagai macam senjata api dan Samurai melengkapi ruangan utama tersebut.

Selain koleksi benda-benda sejarah di jaman memperebutkan kemerdekaan, traveller juga bisa melihat relief kekuasaan kerajaan Mahapahit dan relief penugasan pasukan Brawijaya. Tidak hanya itu, traveller juga bisa melihat berbagai macam koleksi buku, dokumen hingga arsip baik dalam bentuk papper, audio hingga visual yang menceritakan sejarah perjuangan TNI. Kelengkapan museum inilah yang membuat para mahasiswa dan para peneliti sering berkunjung keMuseum Brawijaya untuk mencari referensi.

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya