oleh

Wisata Monumen Pers Surakarta Jawa Tengah

-wisata-302 views

Sering berkunjung ke Kota Solo (Surakarta) ? Selain kulinernya yang murah. Kota Solo merupakan awa dari berkembangnya teknologi komunikasi dan reportase. Hal ini di tunjukan dengan adanya sebuah monumen atau museum pers dan juga pernah digunakan untuk pertemuan pertama kalinya Persatuan Wartawan Indonesia sekaligus menjadi salah satu Cagar Budaya.

Jika traveller suka akan perjalanan sejarah, Monumen Pers merupakan salah satu destinasi yang bisa traveller kunjungi saat berkunjung ke kota Solo. Berbagai koleksi didalamnya mulai dari teknologi komunikasi, reportase, penerbangan, mesin ketik, pemancar, telepon, kentongan terdapat disana.

Untuk menuju ke Monumen Pers Nasional traveller cukup menuju kota Solo dan museum ini di Jalan Gajah Mada 59, Surakarta tepatnya sebelah barat Istana Mangkunegaran atau seberang rumah wakil walikota Surakarta. Kompleks museum terdiri dari bangunan asli Sasana Soeka, dua gedung berlantai dua, dan satu gedung berlantai empat. Di depan museum terdapat lapangan parkir dan dua papan pengumuman yang dilengkapi koran gratis

Monumen Pers Nasional yang pernah didirikan di awal abad 19 tersebut terdiri dari berbagai macam ruang diantaranya oleh gedung socueteit lama dan terdapat penambahan gedung lagi di tahun 1970.

Monumen Pers Nasional juga menjadi surganya para traveller yang gemar membaca, monument ini memiliki koleksi yang terdiri dari lebih dari satu juta koran dan majalah, serta berbagai benda bersejarah yang terkait dengan pers Indonesia. Sekitar satu juta surat kabar dan majalah sejak masa sebelum dan sesudah Revolusi Nasional Indonesia dari berbagai daerah di Nusantara tersimpan di museum ini.

Di belakang ruang depan utama terdapat enam diorama yang menggambarkan komunikasi dan pers sepanjang sejarah Indonesia. Diorama pertama memperlihatkan berbagai bentuk komunikasi dan berita di Indonesia pra-kolonial. Diorama kedua memperlihatkan pers di era kolonial, termasuk surat kabar pertama di Hindia Belanda

Fasilitas lainnya yang terdapat di monument persr juga terdapat ruang multimedia, koran yang bisa dibaca secara gratis, dan perpustakaan. Tempat yang telah dikunjungi oleh lebih dari 26.000 orang setiap tahunnya dan oleh pemerintah Surakarta dipromosikan sebagai tujuan wisata pendidikan sertabeberapa pameran.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya