oleh

Wisata Mercusuar Sembilangan Bangkalan Jawa Timur

-wisata-304 views

Selain pelabuhan, Surabaya termasuk kota yang banyak dilbuhi dengan kapal-kapal. Sebagai suatu tanda kapal berlabuh biasanya disana terdapat Mercusuar. Salah satu landmark dan sangat fenomenal di wilayah Surabaya dan Madura adalah Mercusuar Sembilangan. Merucusar Sembilangan merupakan mercusuar peninggalam jaman kolonial Belanda yang pernah di bangun pada tahun 1879. Kini mercusuar yang mempunyai tinggi 78 meter tersebut menjadi dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata sejarah di wilayah Surabaya dan Madura tepatnya terletak di pulau garam.

Sejak jembatan Suramadu menghubungkan antara Madura dan Surabaya, menjelajahi Pulau Garam jadi semakin mudah. Bila traveller menggunakan kendaraan umum cukup menempuh dalam waktu dua jam dari pusat kota Surabaya.

Setelah sampai diwilayah bangkalan, traveller akan sampai pada ujung jembatan dan melihat Mercusuar Sembilangan. Meskpun saat ini kapal sudah dilengkapi dengan GPS, namun fungsi dari Mercusuar Sembilangan tersebut masih beroperasi untuk membantu kapal agar tidak menabrak karang.

Di mercusuar ini traveller bisa menaiki tangga besi, Mercusuar Sembilangan terdiri dari 17 lantai, setelah sampai di ujung atau lantai 16 traveller akanmelihat pemandangan dan panorama yang cukup indah dari ketinggian. Traveller akan melihat langsung pemandangan Selat Jawa dan sekitarnya dari ketinggian.

Disarankan berkunjung ke Mercusuar Sembilangan pada siang hari, atau pagi ahari. Disaat inilah pemandangan sangat indah, terlebih ketika melihat rona orange matahari terbit. Namun dibalik keindahan itu semua, traveller tidak diperbolehkan berkunjung ketika malam hari. Konon banyak cerita horror ketika ada traveller yang berkunjung pada malam hari.

Foto Oleh : Lanang Prayogo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya