oleh

Wisata Mata Air Tembeling Klungkung Bali

-wisata-302 views

Mata Air Tembeling merupakan mata air yang menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat Batumadeg untuk kebutuhan sehari-harinya. Mata air yang terletak di Nusa Penida yang berada pulau Dewata ini merupakan destinasi  yang wajib di kunjungi ketika di Bali. Ketika kami tim Wisatakita berkunjung kemari, Nusa Peninda memang mempunyai pantai yang sangat mempesona, dan peninda memang sudah mulai dikenal karena keindahan pulau kecil yang berada ditengah yang diapit oleh dua bukit hijau.

Kemabali ke Air Tembeling yang terletak di Nusa Penida Bali, Lokasi terletak di tengah hutan yang masih terjaga. Saat kami kesana, butuh waktu kurang lebih satu jam untuk menuju ke mata Air Tembeling yang terletak di Desa Batu Madeg, Banjar Salak, Nusa Penida Bali. Mata Air ini lokasinya tidak jauh dari pantai, berbentuk seperti kolam dengan diameter kurang lebih 6 meter. Lokasi yang berada di antara tebing dan hutan tepi pantai membuat Mata Air Tembeling sangatlah eksotis untuk kami kunjungi.

Menurut cerita warga sekitar, sejarah mata Air Tembeling ini telah ditemukan seorang ibu yang sedang mengandung, pada saat itu ibu yang sedang mengandung putranya tersebut sedang mengejari sapinya yang lari masuk ke hutan dan secara tak sengaja menemukan mata air ini . Kata beling itulah yang berarti ibu hamil kini menjadi nama dari mata air tersebut yaitu Tembeling,. Dulu, mata air ini sebagai sumber mata air sekitar, akan tetapi kini sudah menjadi tempat destinasi wisata baru di Pulau Dewata.

Lebih menarik lagi Pantai yang berdekatan dengan mata air Tembeling ini memiliki karakter yang indah. Pasir putih yang bersih yang diwarnai dengan batuan kecil berwarna putih kecokelatan. Yang menarik pula ternyata terdapat sebuah gua yang menghubungkan antara pantai Tembeling dengan pantai sebelah utara lainnya. Dan biasanya bagi masyarakat Bali, daerah sekitar mata air Tembeling juga digunakan untuk ritual keagamaan

Foto : Liputan 6

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya