oleh

Wisata Laut Nusa Telu Ambon Maluku

-wisata-301 views

Kabupaten Maluku merupakan wilayah yang terdiri dari luas laut yang cukup luas, dimana di kabupaten in terdapat pulau-pulau kecil yang terhampar di lautan Indonesia Timur. Beberapa potensi bahari Kabupaten Maluku yang belum di kelola secara merata namun mempunyai potensi alam yang menakjubkan adalah pulau-pulaunya. Salah satu pulau dan wisata bahari yang bisa traveller kunjungi adalah Pulau Nusa Telu Assilulu.

Nusa Telu sendiri merupakan gugusan 3 pulau yang berada di pantai negeri Asilulu, Asilulu sendiri merupakan pemerintahan yang mengelola tiga pulau tersebut. Asilulu merupakan nama desa. Beberapa destinasi wisata di Laut Nusa Telu di kelola oleh pemerintah desa tersebut mulai dari keaneragaman hayati, biota laut, serta pasir putih yang bisa menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang begitu menyenangkan.

Untuk menempuk ke Desa Asilulu dari teluk Ambon, traverller harus melakukan perjalanan selama dua jam. Beberapa pemandangan indah bisa terlihat saat melewati beberapa desa sebelum sampai menuju ke Desa Asilulu.

Traveller juga akan mencium aroma rempah yang begitu kental seperti biji pala, cengkeh di sepanjang pemukiman warga muslim di Maluku. Sepanjang tepi pantai  terlihat lautnya berwarna biru kehijau-hijauan lengkap dengan karang-karang dan bebatuan. Tak heran jika sebagian besar warga di sekitar Laut Nusa Telu  bermatapencaharian sebagai nelayan.

Beberapa aktifitas yang bisa traveller lakukan di sekitaran Laut Nusa Telu adalah berburu sunset. Disini traveller bisa menyaksikan panorama matahari terbenam di antara dua pulau, yaitu Pulau Nusa Dua dan Nusa Tiga. Terdapat beberapa pohon kelapa yang bisa di gunakan traveller untuk di daki dan melihat pemandangan laut lepas.

Jika sedang berbuah, traveller bisa mengambil beberapa buah kelapa untuk dinikmati air kelapanya sembari duduk santai di tepi pantai Laut Nusa Telu. Selain kelapa muda, traveller juga bisa menikmati aneka masakan ikan yang di jual di sini baik ikan goreng maupun ikan bakar.

Di Pulau Nusa Telu tersebut, traveller juga berkunjung ke Masjid Tua Wapaue dan Benteng Amsterdam. Merupaan bangunan sejarah yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda saat menduduki Maluku.

Bagi traveller bisa yang ke Maluku, tidak ada salahnya jika mampir ke Pulau Nusa Telu atau Pulau Tiga merupakan gugusan elok tiga pulau yang terdiri dari Nusa Lain (Pulau Satu), Nusa Hatala (Pulau Dua) dan Nusa Ela (Pulau Tiga). Dari ketiga pulau itu, hanya Pulau Dua yang tidak berpenghuni.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya