Menu

Mode Gelap
 

wisata · 30 Sep 2021 22:21 WIB ·

Wisata Klenteng Hok An Kong Surabaya Jawa Timur


					Wisata Klenteng Hok An Kong Surabaya Jawa Timur Perbesar

Wisata Klenteng Hok An Kong Surabaya Jawa Timur

Klenteng merupakan tempat yang di gunakan untuk Ibadah masyarakat Tiong Hoa. Klenteng sendiri bisa di jumpai hampir di setiap kota besar di Indonesia. Namun perlu traveller ketahui, di Surabaya terdapat salah satu bangunan klenteng yang usianya sudah cukup tua, bahkan klenteng yang di beri nama Hok An Kiong merupakan klenteng tertua yang pernah di bangun di tahun 1830.

Klenteng Hok An Kiong pada masa lalunya merupakan bangunan yang di gunakan untuk para awak kapal untuk beristirahat sekaligus sebagai tempat mendarat para perantau yang berkunjung ke Surabaya. Saat ii Klenteng Hok An Kiong dijadikan sebagai tempat ibadah yang di gunakan bagi penganut Budha, Kong Hucu dan Tao. Selain sebagai tempat ibadah, traveller juga bisa mengunjungi klenteng ini untuk mengenal lebih jauh peradaban warga tiong hoa yang singgah di Surabaya.

Traveller bisa berkunjung ke Klenteng Hok An Kiong dengan rute yang cukup mudah, jaraknya pun tidak jauh dari House of Sampoerna di Surabaya yang cukup terkenal. Traveller bisa menuju ke klenteng ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Jika menggunakan kendaraan uum traveller bisa melalui Terminal Bungurasih lalu naik angkuta dan berhenti di Jln Bubutan Surabaya. Lalu traveller jalan kaki atau naik becak sambil menikmati kota Surabaya melalui Jl Coklat. 

Nuansa merah mendominasi seluruh Klenteng Hon An Kiong. Ketika masuk ke wilayah Hok An kiong traveller akan disambut dengan ornament cantik berbingkai huruf China. Di pintu tersebut terdapat dua buath patung yaitu Oe Tie Keong dan Cin Siok Poo yang seolah menjaga pintu masuk Klenteng.

Klenteng yang di bangun oleh arsitek asli dari Tiongkok tersebut pada dindingya berlapis keramik yang di penuhi lukisan khas Tiong Hoa. Lukisan yang tergores di dinding tersebut mengandung cerita khusus.

Pada bagian belakang klenteng traveller juga bisa bertemu dengan Altar Dewa Kwan Kong. Beberapa kegiatan ritual seperti upacara sembayangan warga Tiong Hoas sering di lakukan disini. Beberapa ritual seperti Ritual Chi Swk Dai Sei yang dilaksanakan di altar Mak Co Po atau di pilar paling utama di tempat sembayang.

Menurut mereka warga yang sering beribatad di Klenteng ini Selain untuk bersembahyang, keberadaan Mak Co Po yang ada di Klenteng Hok An Kiong juga dipercaya membawa ketentraman dan kemakmuran bagi warga sekitar. Sehingga jika traveller ingin lebih merasakan atau melihat klenteng Hok An kiong lebih hidup maka datanglah pada waktu acara-acara hiburan menjelang Tahun Baru Imlek.

Foto Oleh : Emak Mbolang

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

13 November 2021 - 01:16 WIB

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

12 November 2021 - 00:35 WIB

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

10 November 2021 - 08:19 WIB

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

9 November 2021 - 07:22 WIB

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

7 November 2021 - 15:24 WIB

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu

6 November 2021 - 14:29 WIB

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu
Trending di wisata