Menu

Mode Gelap
 

wisata · 23 Okt 2020 03:56 WIB ·

Wisata Kepulauan Togean Tojo Una-Una Sulawesi Tengah


					Wisata Kepulauan Togean Tojo Una-Una Sulawesi Tengah Perbesar

Wisata Kepulauan Togean Tojo Una-Una Sulawesi Tengah

Kepulauan Togean, merupakan deretan pulau yang terdiri dari beberapa pulau diantaranya adalah Pulau Togian, Batudaka, Poat dan Waleabahi. Secara administrative Kepulauan Togean terletak di Teluk Tomini, Kabupaten Tojo una-una Sulawesi tengah yang mempunyai panjang pulau kurang lebih 90 kilometer.

Kepulauan ini tentunya sangat indah dan patut untuk dikunjungi karena banyak sekali keindahan yang dimiliki, khususnya di perairan yang mengelilingi kepulauan Togean. Kepulauan Togean sendiri merupakan Taman Nasional yang terdiri dari dua ekosistem yaitu darat dan laut. Lokasinya yang sangat terpencil dan jauh dari kehidupan kaum urban merupakan daya tarik tersendiri dari para wisatawan untuk mengunjungi kepulauan yang terdiri dari enam pulau besar ini.

Traveler bisa mengunjungi pulau ini dengan menikmati tiga jenis lingkungan karang yang berbeda-beda. Beberapa jenis karang tersebut adalah Karang Atol, Karang Barier dan Karang Pantai yang semuanya menjadi habitat dari flora dan fauna laut. Traveler juga bisa melihat danau yang dalam di tengah tengah karang atol yang merupakan pulau karang.

Keindahan lainnya adalah adanya benteng yang berjejer dan mengelilingi pulau, sehingga melindungi pulau dari terjangan ombak laut. Benteng tersebut merupakan deratan karang yang terbentuk secara alami dan dinamakan Karang Barier.

Tempat favorit lainnya yang bisa dijadikan destinasi di Kepulauan Togean adalah keberadaap Pulau Batudaka yang merupakan pulau terbesar . di Pulau Batudaka inilah terdapat sebuah desa  dengan nama desa Bomba dan desa Wakai. Di desa inilah terdapat pelabuhan dimana traveler bisa menyewa perahu untuk berkeliling keupulauan Togean. Selain itu di desa Bomba  juga terdapat pantai yang sangat cocok untuk aktifitas berenang maupun snorkeling. Tak jauh dari desa Bomba juga terdapat goa kelelawar yang bisa di kunjungi oleh para traveler.

Diantara beberapa pulau yang terdapat di Kepulauan Togean, Pulau Kadiriri merupakan pulau yang sangat banyak dinikmati oleh para traveler dan penduduk setempat. Pulau Kadiriri memiliki pantai yang sangat indah dan lokasi snorkeling serta diving. Di pulau ini terdapat banyak penginapan murah yang bisa disewa oleh traveler.

Beberapa kegitan lain yang bisa dilakukan traveler di Kepulauan Togean seperti memancing ,menjelajah alam hutan yang ada di dalam hutan yang ada di Pulau Malenge dengan cara treking, serta mengunjungi gunung Colo di Pulau Una-una. Traveler bisa berkunjung di pemukiman dan berjumpa dengan suku Bajo di Kabalutan, suku asli kepulauan tersebut.

Untuk menuju kepulauan Togean perjalanan paling mudah adalah melalui Gorontalo dengan menggunakan kapal feri Tuna Tomini atau alternative kedua yaitu dari Palu ke Ampana yang jaraknya cukup jauh yaitu 375km. setelah itu dari Ampana menggunakan perahu ke Wakai dan Malenge. Setelah sampai di Pulau Wakai, traveler bisa menginap di homestay yang sudah disediakan di dekat pelabuhan Pulau Wakai, Pulau Una-una, Bomba, atau Waleabahi.

Foto : senibudaya12.blogspot.com

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

13 November 2021 - 01:16 WIB

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

12 November 2021 - 00:35 WIB

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

10 November 2021 - 08:19 WIB

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

9 November 2021 - 07:22 WIB

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

7 November 2021 - 15:24 WIB

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu

6 November 2021 - 14:29 WIB

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu
Trending di wisata