oleh

Wisata Kelenteng Sam Po Kong Semarang Jawa Tengah

-wisata-302 views

Negara China memang Negara penjelajah, termasuk salah satu peninggalannya yang tersebar di Nusantara adalah Kelenteng Gedung Batu Sam Po Kong Semarang. Kelenteng Sam Po Kong Semarang merupakan Kelenteng peninggalan Laksamana Tiongkok bernama Cheng Ho. Cheng Ho merupakan laksamana besar yang sempat mendarat di tanah Jawa, tepatnya di wilayah Gedung Batu yang saat ini terkenal menjadi Kelenteng Sampo Kong.

Bagi traveller yang mempunyai minat destinasi khusus budaya, Kelenteng Sam Po Kong sangat bagus untuk di kunjungi ketika di Kota Semarang. Hampir seluruh bangunan Kelenteng Sam Po Kong ini khas bangunan China dengan warna merah mendominasi. Saat ini selain sebagai tempat wisata. Kelenteng Sam Po Kong juga dijadikan sebagai tempat peringatan dan tempat bersembayang serta ziarah.

Didalam kuil Sam Po Kong juga terdapat sebuah altar dan patung-patung termasuk Laksamana Cheng Ho. Meskipung Cheng Ho merupakan seorang muslim, akan tetapi bagi masyarakat Tiong Hoa dia adalah tokoh dan Sam Po Tay Djien yang di anggap dewa.

Bekas atau merupakan persinggahan pertama laksamana tiongkok ini dulunya merupakan sebuah Gua Batu Besar yang sekarang masih ada. Traveller juga bisa memasuki Goa Batu yang dulunya dipercaya sebagai tempat awal dan markas Cheng Ho beserta anak buahnya sekitar abad ke 14.

Beberapa fasilitas di dalam Klenteng Sam Po Kong sebagai pendukung wisata tersedia disini. mulai dari stand kuliner hingga mushola untuk beribadah kaum muslim. Jika traveller berada didalam komplek Kelenteng Sam Po Kong, traveller akan merasakan seolah-olah traveller sedang berada di China. Bangunan Kelenteng yang kokoh berdiri serta patung Laksamana Cheng Ho yang di sinyalir berlapis emas juga terdapat di komplek Kelenteng ini.

Foto Oleh : Reresepan.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya