oleh

Wisata Kawah Wurug Bondowoso Jawa Timur

-wisata-303 views

Kawah Wurung adalah sebuah sabana atau padang rumput terbuka dengan kontur berbukit-bukit yang sebagian besar ditumbuhi beberapa pepohonan. Nama “Kawah Wurung” berasal dari bahasa jawa yang artinya “kawah yang tidak jadi.”. Kawah wurung terletak di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur.

Saat Tim Wisatakita melakukan perjalanan ke kawah ini harus melalui jalanan yang cukup terjal dan berbatu sejauh hampir 15 Km, mengingat kawasan ini sebenarnya bukanlah kawasan wisata, sehingga akses ke jalan ini belum benar-benar di kelola dengan pemerintah. Meskipun lokasinya  masih berdekatan dengan kawah ijen.

Seperti yang disebutkan di atas, Kawah wurung bukan berarti cekungan di sebuah gunung yang berisi lava, namun Kawah Wuruh ini justru berisi padang rumput yang cukup luas, Selain itu Udara dan hawa yang dingin selalu menyelimuti kawasan Kawah Wurung.

Di sebelah timur Kawah Wurung, bisa terlihat kepulan asap Kawah Ijen yang terlihat jelas. Ketika tim Wisatakita kesini, kami merasa semua sisi yang terlihat tampak pemandangan tampak begitu menakjubkan. Rumput-rumput di dalam kawah dan gundukan-gundukan bukit yang mengelilingnya terlihat kuning meranggas. Kontras dengan pohon-pohon berwarna hijau segar yang muncul di antara padang rumput. Bahkan beberapa hewan seperti sapi dilepas begitu saja oleh pemiliknya di kawah tersebut.

Jika musim kemarau datang, pemandangan dipenuhi warna kuning membara. Sementara di musim hujan, warnanya akan terlihat hijau segar dengan pucuk-pucuk daun yang mulai tumbuh seperti tumbuhan yang disebut dengan wedusan, yaitu wedusan dengan bunga bulat-bulat berwarna putih keunguan yang membalut sebagian permukaan tanah wlayah Kawah Wurung. Kawah Wurung menurut kami sangat cocok bagi para penggemar foto landscape, sehingga rugi bagi yang akan ke Kawah Wurung jika tidak berbekal Kamera

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya