oleh

Wisata Kawah Ijen Bondowoso Jawa Timur

-wisata-302 views

Kawah Ijen merupakan salah satu gunung berapi yang mempunyai keindahan alam terbaik di Indonesia. Gunung ini terletak di dua kabupaten, yaitu kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur. Tetapi, gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Alas Purwo, yaitu taman nasional yang terdapat di kabupaten Banyuwangi.

Ketinggian gunung Kawah Ijen ini sekitar 2.443 meter diatas permukaan laut (dpl ). Gunung ini sudah beberapa kali meletus. Akibat letusan dari gunung ini adalah terbentuknya sebuah danau yang kaya akan belerang. Danau Kawah Ijen memiliki volume sekitar 36 juta meter kubik. Dengan volume sebesar itu dan kandungan belerangnya yang tinggi menjadikan Kawah Ijen menjadi salah satu Danau kawah terbesar di dunia.

Keistimewaan danau ini adalah, jika kita berada di puncak gunung di pagi hari, kita dapat menyaksikan asap menyembur kuat dari bagian dalam kawah. Ini adalah salah satu momen yang sangat disukai para wisatawan, tak heran jika objek wisata ini sering dikunjungi turis. 

Untuk mengunjungi Kawah Ijen tidak terlalu sulit, kita bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Tetapi setelah kita sampai di terminal bawah, kita hanya bisa berjalan kaki untuk menuju ke kawah. Jarak antara terminal dengan puncak kawah sekitar 3 km, maka sebelum kita berangkat untuk mendaki kita diharuskan mempersiapkan fisik kita. Di kaki gunung Kawah Ijen sudah banyak terdapat penginapan-penginapan khusus yang dibuat untuk para wisatawan sebelum mendaki.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya