Menu

Mode Gelap
 

wisata · 10 Mei 2021 08:17 WIB ·

Wisata Kampung Tarung Sumba Barat Nusa Tenggara Timur


					Wisata Kampung Tarung Sumba Barat Nusa Tenggara Timur Perbesar

Wisata Kampung Tarung Sumba Barat Nusa Tenggara Timur

Daya tarik wisata di Sumba Barat merupakan magnet tersendiri bagi para traveler yang mengunjungi Indonesia Timur. Salah satu daya tarik di Sum Barat adalah adanya perkampungan adat yang didalamnya.  Traveler bisa melihat secara langsung Rumah Adat Sumba yaitu Kampung Tarung tepatnya terletak di tengah kota Waikaibubak.

Meskipun kampung Tarung ini terletak di pusat kota, atau dekat pasar Waikabubak. Namun keaslian budaya dari leluhur dan tradisi dikampung ini masih di pertahankan. Beberapa peninggalan yang bisa temui para traveler di kampung Tarung ini diantaranya seperti Makan Megalitil, Kuil Merapu, Atap rumah adat dari alang, dan Tiang Pancang yang digunakan untuk menggantung kepala musuh, serem kan pastinya? Akan tetepi ketika disini traveler akan benar-benar merasakan seperti berasa di masa lalu.

Beberapa sajian kuliner juga disediakan di sekitar Kampung Tarung. Fasilitas seperti akomodasi rumah makan hotel juga ada, biasanya pengelola memberikan masakan khas seperti Ikan Asin, Ikan Bakar dan sejenisnya. Jangan heran jika traveler berkunjung ke Kampung Tarung, kuliner sering disajikan dalam satu piring bersamaan. Masyarakat sana juga masih memegang adat leluhur yaitu kepercayaan merapu yang tidak goyah dengan masuknya moderenisasi. Yaitu sebuah kepercayaan asli mengenai Tuhan yang bertelinga besar dan bermata lebar, mampu mendengar segala bunyi, serta melihat segala sesuatu yang tersembunyi.

Beberapa aktivitas juga bisa dilakukan para Traveler kerika berkunjung ke Kampung Tarung, Ketika memasuki kampung adat Tarung traveler akan bertemu dengan pemuka adat yang disebut dengan Rato. Dengan sang Rato ini lah traveler harus meminta ijin untuk melihat kehidupan sehari-hari dari masyarakat Sumba Barat dengan kepercayaan Merapunya. Berbagai aktivitas masyarakat Sumba di Kampung tarung bisa dilihat seperti Rumah Adat, Tata Upacara baik perkawinan dan Kematian, Megalitik dan Kesenian yang ada di kampung Tarung tersebut. 

Perlu traveler ketahui, kampung ini letaknya di atas bukit,seakan dikelilingi oleh pohon-pohon yang berdiri kokoh disekitarnya. Tumbuhan benalu yang bergelantungan di pohon dan burung berkicau dipagi hari serta berterbangan dari pohon satu ke lainnya membuat suasana menjadi lebih indah untuk dinikmati para traveler.

Foto : Liputan 6

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

13 November 2021 - 01:16 WIB

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

12 November 2021 - 00:35 WIB

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

10 November 2021 - 08:19 WIB

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

9 November 2021 - 07:22 WIB

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

7 November 2021 - 15:24 WIB

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu

6 November 2021 - 14:29 WIB

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu
Trending di wisata