oleh

Wisata Kampung Arab Surabaya Surabaya Jawa Timur

-wisata-300 views

Setiap kota pasti memiliki beberapa daerah di kampungnya yang sudah di huni oleh beberapa keturunan sejak jaman dulu. Surabaya misalnya, jika traveller pergi ke Surabaya tidak ada salahnya jika mampir ke sebuah kampung yang disebut dengan Kampung Arab. Kampung Arab di Surabaya memang tidak seperti kampung Arab pada umumnya. di Kampung Arab Surabaya traveller akan merasakan segala aktifitasnya sama seperti di timur tengah atau Mekah, terlebih disaat bulan Ramadhan atau hari-hari islam lainnya.

Untuk berkunjung ke Kampung Arab Surabaya, traveller bisa langsung menuju ke wilayah Ampel Surabaya atau ke Jl. Ampel Masjid 53 yang letaknya kurang lebih 10 Kilometer dari kota Surabaya. Kampung Arab Surabaya merupakan destinasi wisata religi, dimana dahulunya merupakan tempat Sunan Ampel menyebarkan dan mengajarkan ajaran Islam pada abad ke 15

Ketika berkunjung ke Kampung Arab, traveller pasti akan terkesima dan heran tentang keberadaan dan suasana khas Timur Tengah. Banyak sekali masyarakat timur tengah yang berlalu lalang disana, rumah khas timur tengah dengan dua pintu dan dua pilar penyangga juga bisa traveller jumpai disana.

Di Kampung Arab Surabaya Traveller juga bisa merasakan berbagai macam sajian kuliner khas Timur Tengah seperti nasi kebuli dengan campuran rempah-rempah, daging kambing yang hangat dengan cita rasa khas asli. Para pedagang di gang-gang sekitar masjid Sunan Ampel juga terdapat beberapa kuliner seperti roti Maryam, roti kebab, dan kuliner kue pukis Arab serta masakan khas arab lainnya.

Traveller juga bisa mengunjungi pasar tradisional yang terdapat di kampung arab. Berbagai macam barang-barang seperti baju muslim, minyak wangi, peralatan sholat lengkap di jual disana hingga kurma, siwak dan lain sebagainya.

Traveller juga bisa beribadah dan berwisata regligi di Masjid Sunan Ampel yang merupakan masjid tertua dan telah ditetapkan oleh pemerintah Kota Surabaya sebagai cagar alam budaya. Di kawasan ini ada lima gapura yang mengelilingi masjid Sunan Ampel. Yaitu Gapuro Munggah, Gapuro poso, Gapuro Ngamal, Gapuro Madhep, dan gapuro Paneksen. Lima gapura ini melambangkan 5 rukun islam. Selain itu disekitar Kampung Arab juga terdapat komplek pemakaman Sunan Ampel dimana Sunan Ampel dan beberapa kerabatnya dimakamnya disini.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya