Menu

Mode Gelap
 

wisata · 19 Mar 2021 00:59 WIB ·

Wisata Jembatan Beatrix Sarolangun Jambi


					Wisata Jembatan Beatrix Sarolangun Jambi Perbesar

Indonesia dulunya adalah Negara jajahan belanda dan jepang selama ratusan tahun. Tidak heran jika di Indonesia mempunyai sisa sisa peninggalan sejarah yang saat ini justru di jadikan sebagai tempat wisata termasuk Jembatan Beatrix yang menghubungkan antara Desa Sri Pelayang dengan Pasaw Bawah Sarolangun, Provinsi Jambi.

Jembatan Beatrix lebih tepatnya berada jalan lintas Sumatera jika traveller melakukan perjalanan dari arah Bangko atau Padang. Para masyarakat setempat menyebut Jembatan Beatrix adalah Jembatan Lamo.

Seluruh kontruksi dari Jembatan Beatrix merupakan terbuat dari beton tebal yang sangat kokoh. Bentuknya yang unik, diatasnya terdapat empat bagian jembatan dengan tulang jembatan juga terbuat dari beton berbentuk melengkung. Jembatan dengan panjang sekitar 100 meter dan lebar 5 meter ini jika dilihat bentuknya mirip busur padah dengan jumlah lengkungan ada 4 buah yang di topang dengan 3 buah tiapang pancang.

Jembatan Beatrix merupakan jembatan hasil dari kerja paksa oleh jaman belanda yang dibuat oleh pribumi pada tahun 1931 dan selesai serta di resmikan pada tahun 1939. Jembatan tersebut diberi nama Beatrix Brug yang merupakan nama ratu Belanda yang berkuasa pada awal abad 19.

Jika traveller mengunjungi Kabupaten Sarolangun, Traveller akan melewati Jembatan Beatrix Brug ini. Disana tertulis pada batu granit besar bahwa pada tahun 1980 jembatan ini mengalami reruntuhan dan di renovasi kembali. Apalagi saat ini pemerintah setempat menghiasi  jembatan ini dengan lampu yang warna warni sehingga Jembatan tersebut bisa dinikmati sebagai obyek wisata.

Saat ini Jembatan Beatrix menjadi ikon dari Sarolangun. Traveller yang berkunjung ke Sarolangun belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke wisata sejarah andalan Sarolangun. Setiap sorenya banyak sekali warga sekitar berkumpul melihat pemandangan sungai Tembesi yang berada di bawah jembatan Beatrix. Banyak pedagang yang menggelar dagangan dan menyediakan tempat duduk untuk para pengunjung.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

13 November 2021 - 01:16 WIB

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

12 November 2021 - 00:35 WIB

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

10 November 2021 - 08:19 WIB

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

9 November 2021 - 07:22 WIB

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

7 November 2021 - 15:24 WIB

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu

6 November 2021 - 14:29 WIB

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu
Trending di wisata