oleh

Wisata Jam Gadang Bukittinggi Sumatera Barat

-wisata-304 views

Sumatera Barat adalah salah satu provinsi yang terkenal dengan banyaknya berbagai macam destinasi wisata. Salah satunya adalah kota Bukittinggi. Bukittinggi adalah tempat wisata yang cukup dikenal yang menyajikan berbagai destinasi yang bisa di gunakan untuk refresing bagi traveller, selain cuacanya yang sejuk lokasi ini juga memiliki sebuah jam seperti di UK Inggris yang begiti terkenal.

Bila sedang di UK Inggris tentunya banyak yang sudah mengenal Big Ben. Atau jam raksasa yang terkenal dan terletak sebagai penanda waktu Inggris,atau tepatnya di gedung parlemen Inggris. Namun jika di Bukittinggi ada salah satu icon kota yaitu jam Gadang. Jam Gadang sendiri dalam bahasa Indonesia berarti jam besar.

Jam Gadang yang terletak di kota Bukittinggi merupakan salah satu icon kota yang sangat unik dan selalu di jadikan latar belakang untuk berfoto. Konon jam ini ditangkan langsung dari Rotterdam, Belanda. Jam ini mempunyai ukuran relative besar dengan diameter 80 cm.

Uniknya lagi, Jam Gadang dan Big Ben di London merupakan jam dimana mesin dan mekanik cara kerjanya di buat oleh pabrik yang sama oleh pabrikan Jerman di tahun 1892. Dan hanya ada dua unit mesin mekanik penggerak jam ini saja yang telah di buat.

Keuikan lain dari Jam Gadang adalah bangunannya yang menopang jam tersebut., dimana penyanga dari jam gadang tersebut bukan dari besi serta semen, melainkan campuran dari kapur, putih telur dan pasir putih seperti bangunan menara yang ada di Keraton Surakarta.

Jika traveller mengunjungi ikon Bukittinggi ini, traveller akan bisa melihat jejak sejarah bahwa Jam Gadang adalah hadiah dari Ratu Belanda kepada Rook Maker, seorang Controleur Sekretaris Kota Bukittinggi pada masa Pemerintahan Belanda. Lalu di arsiteki oleh  Yazid Sutan Gigi Ameh  dengan model atap Jam Gadang berbentuk gonjong yang merupakan atap rumah adat Minangkabau.

Untuk menikmati Jam Gadang, di sekitar Jam Gadang juga terdapat taman dengan banyak bangku yang bisa di gunakan sebagai tempat duduk. Terlebih di saat malam hari, Suasana malam di sini akan menjadi sangat romantis sebab pada malam hari Jam Gadang dihiasi dengan kerlip cahaya lampu berwarna warni.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya