Menu

Mode Gelap
 

wisata · 12 Jan 2021 06:13 WIB ·

Wisata Istana Tampak Siring Gianyar Bali


					Wisata Istana Tampak Siring Gianyar Bali Perbesar

Wisata Istana Tampak Siring Gianyar Bali

Desa Tampak Siring merupakan desa yang terletak di Kabupaten Gianyar Bali, atau bisa di tempuh dengan jarak kurang lebih 36 kilometer dari kota Denpasar Bali di kompleks Tampak Siring juga terdapat Pura yang disebut dengan Pura Tirta Empul. Pura Tirta Empul tersebut merupakan peninggalan kerajaan Bali dan berupa peninggalan purbakala.

Disebelah barat Pura Tirta Empul terdapat sebuah Istana Kepresidenan yang pernah dibangun pada masa pemerintahan Presiden pertama republic Indonesia yaitu Soekarno yang terletak di perbukitan. Sehingga suasana di wilayah Tampak Siring tampak sejuk.

Untuk menuju kompleks Istana Tampak Siring, traveller bisa melakukan perjalanan dari kota Denpasar sejauh 40 kilometer menuju kompleks Istana yang terletak bersebelahan dengan Pura Tirta Empul. Istana Tampak Siring sendiri tepatnya terletak di Desa, Siring, Kabupaten Gianyar Bali. Jika traveller ingin menginap, di sekitar kompleks istana tersebut terdapat beberapa penginapan baik hotel maupun resort. Beberapa sajian kuliner serta souvenir juga tersedia di komplek istana Tampak Siring.

Setelah sampai di Istana Tampak Siring traveller akan melihat bangunan yang pernah di arsiteki oleh RM Soedarsono. Istana yang pernah di bangun pada tahun 1957 dan 1963 tersebut terdiri dari beberapa ruang dan bangunan diantaranya adalah Wisma Merdeka, Wisma Yudhistira, WIsma Negara, Wisma Bima dan terdapat pula gedung serba guna yang biasa digunakan untuk konferensi.

Selain kemegahan istana, traveller juga bisa melihat secara langsung riwayat dan fungsi gedung bersejarah ini khususnya di wisma Merdeka. Traveller bisa melihat ruang tidur presiden, ruang keluarga, ruang tamu, ruang kerja dan beberapa patung serta lukisan yang begitu indah tertempel disetiap dinding istana .

Tak hanya istana Tampak Siring, traveller juga bisa menikmati obyek wisata di sekitar istana yaitu Pura Tampak Siring yang disebut dengan Pura Tirta Empul. Di Pura tersebut terdapat sumber air mata air suci. Biasanya traveller dari mancanegara melakukan kegiatan meditasi di sekitar tirta empul ini. Bahkan beberapa yang percaya, Mata air Tirta Empul disakralkan dan dipercaya untuk penyucian dan pengobatan sejak beberapa ribu tahun yang lalu.

Foto : startaswisnu.blogspot

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

13 November 2021 - 01:16 WIB

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

12 November 2021 - 00:35 WIB

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

10 November 2021 - 08:19 WIB

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

9 November 2021 - 07:22 WIB

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

7 November 2021 - 15:24 WIB

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu

6 November 2021 - 14:29 WIB

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu
Trending di wisata