oleh

Wisata House Of Sampoerna Surabaya Jawa Timur

-wisata-302 views

Surabaya adalah kota pahlawan dan penuh dengan jejak sejarah. Banyak bangungan kolonial bekas penjajahan yang menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan serta traveller yang mengunjunginya. Salah satu bangunan bersejarah adalah Museum House of Sampoena yang terletak di kawasan jembatan merah Surabaya.

Di negeri Indonesia nama Sampoerna memang sudah tidak asing lagi, Sampoerna merupakan merk dagang rokok. Namun tidak hanya rokok saja yang di perdagangkan untuk bisnis. House of Sampoerna sendiri menyimpan sejarah tersendiri yang merupakan bangunan Museum.

Bagi traveller yang berkunjung ke Surabaya, tentunya tidak akan sempurna jika tidak mengunjungi House of Sampoerna ini. Bangunan bergaya kolonial belanda ini terdiri dari 4 pilar besar yang berada di lobby gedung utama. House of Sampoerna merupakan salah satu bangunan megah bergaya kolonial Belanda yang dibangun pernah di bangun sekitar tahun 1862 dan juga merupakan situs bersejarah yang dilestarikan.

Bangunan yang dulu nya merupakan bekas dari panti asuhan yang di kelola oleh belanda ini cukup mudah untuk di temui. Traveller bisa melakukan perjalanan ke Jl Taman Sampoerna 6, Surabaya. 

Terdapat beberapa gedung yang bisa dikunjungi oleh para traveller mulai dari gedung utama dan beberapa gedung di sebelahnya yang juga di jadikan rumah tinggal Keluarga Sampoerna. Selain itu juga ada gedung yang dijadikan sebagai cefe dan galeri yang cukup unik.

Pertama kali traveller menginjakkan kaki di gedung utama, traveller akan disambut dengan aroma tembakau yang khas disertai sambutan para petugas museum yang menyapa dengan penuh senyuman.

Beberapa benda koleksi keluarga Sampoerna lengkap berada disini termasuk keterangannya yang di kemas dalam tulisan maupun dalam bentuk digital. Traveller juga bisa mengetahui lebih dalam cikal bakal museum ini, melihat silsilah keluarga dan pendiri Sampoerna hingga benda-benda bersejarah yang ada didalamnya. Koleksi korek api, kamera tua, mesin printing kuno untuk mencetak bungkus rokok hingga sepeda motor kuno serta andong juga terdapat di museum ini.

Ketika traveller beranjak menuju lantai 2, traveller bisa secara langsung melihat aktivitas produksi salah satu merk rokok kretek milik Sampoerna. Beberapa pekerja yang mayoritas perempuan berjejer rapi di depan meja dengan berbagai alat dan bahan untuk membuat rokok.

Foto : Travel kompas

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya