Menu

Mode Gelap
 

wisata · 6 Sep 2020 15:58 WIB ·

Wisata Gunung Prau Wonosobo Jawa Tengah


					Wisata Gunung Prau Wonosobo Jawa Tengah Perbesar

Wisata Gunung Prau Wonosobo Jawa Tengah

Dieng merupakan dataran tertinggi yang ada di Pulau Jawa, namun di kawasan tersebut juga terdapat salah satu kawasan dataran yang paling tinggi, yaitu gunung Prau. Gunung Prau merupakan kawasan puncak dataran tinggi dieng yang meliputi tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Kendal, Batang dan Wonosobo. Kawasan ini cukup terkenal karena eksotisme gunung prau yang menyajikan golden sunrise yang cukup mempesona, sehingga sangat populer di kalangan para pendaki gunung dan traveller.

Bahkan menurut media, banyak kalangan yang menyebutkan bahwa Golden Sunrise di puncak gunung Prau merupakan yang terbaik Se-Asia Tenggara, selain terletak di dataran tinggi, gunung prau juga menyajikan pemandangan alam yang sangat mempesona berupa perkebunan warga yang menghijau, pemandangan dataran tinggi Dieng serta Telaga Warna di kejauhan.

Gunung yang mempunyai ketinggian 2590 Mdpl tersebut dapat di tempuh oleh para pendaki pendaki pemula dengan waktu yang relative singkat, yaitu dua hingga tiga jam saja. Dari atas gunung Prau ini traveller bisa meluhat beberapa puncak gunung di jawa tengah di antaranya adalah Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, Merbabu dan Slamet. Gunung yang termasuk hutan lindung ini pada saat kemarau udara di gunung tersebut menjadi titik terendah, sehingga di puncak prau para traveller akan banyak menemukan butiran es di pagi hari.

Beberapa bunga yang pada umumnya di temukan di puncak gunung seperti Edelweis terlihat disini, terdapat juga padang bunda Daisy yang berwarna warni sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi traveller yang mendaki di gunung Prau.

Untuk mencapai puncak gunung Prau traveller juga bisa memilih beberapa jalur pendakian dengan tingkat kesulitan yang berbeda, ada beberapa jalur pendakian yang bisa traveller lewati diantaranya adalah , Pertama Jalur Pranten, jalur ini bisa di mulai dari kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Kedua jalur PathaK Banteng yang terletak di Wonosobo dan terakhir Jalur Kenjuran yang terletak di Kendal.

Namun diantara jalur-jalur tersebut, kebanyakan pendaki lebih memilih jalur Wonosobo, di jalur ini para pendaki akan disuguhi dengan jalanan yang berpasir sehingga sangat disarankan untuk menggunakan masker ketika melakukan pendakian di musim kemarau agar debu yang beterbangan tidak mengganggu pernafasan. Namun semua itu akan terbayar saat para pendaki sudah sampai di puncak gunung Prau tersebut.

Foto Oleh : Beritagar.id

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

13 November 2021 - 01:16 WIB

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

12 November 2021 - 00:35 WIB

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

10 November 2021 - 08:19 WIB

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

9 November 2021 - 07:22 WIB

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

7 November 2021 - 15:24 WIB

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu

6 November 2021 - 14:29 WIB

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu
Trending di wisata