oleh

Wisata Gunung Gamping Karanganyar Jawa Tengah

-wisata-301 views

Gunung Gamping Karanganyar, merupakan salah satu lokasi wisata baru yang menjadi destinasi para traveler untuk menikmati pemandangan alam dari atas bukit. Terletak di Desa Bandar Dawung, Tawangmangu Karanganyar. Gunung Gamping merupakan bukit yang masih di manfaatkan materialnya oleh masyarakat sekitar yaitu watu gamping.

Gunung Gamping sendiri merupakan perbukitan, dengan pesona yang tidak kalah cantik dengan gunung-gunung lainnya. Karena Gunung Gamping ini terletak di perbukitan sebelum menuju tawangmangu atau di lereng gunung Lawu. Untuk menuju ke Gunung Gamping, traveler cukup melakukan perjalanan menuju jalan Matesih – Tawangmangu dan berhenti di Desa Bandar Dawung.

Perjalanan ini bisa dilakukan menggunakan kendaraan pribadi dari kota Karanganyar atau Solo kearah Timur. Traveler bisa melakukan trekking mulai pos parkir yang disediakan oleh warga sekitar di Bandar Dawung. Jalan setapak dan masih alami bisa dilalui traveler dengan mendaki. Rute yang sedikit ekstrim dan cuaca yang terkadang hujan biasa dijumpai pada saat mendaki.

Sangat di rekomendasikan jika traveler kesini pada pagi hari, karena bisa menyaksikan matahari terbit dari puncak bukit.  Selain matahari terbit dan pemandangan persawahan dan kota karanganyar dari atas bukit, traveler juga bisa menjumpai area penambangan batu gamping yang dikelola oleh warga sekitar.

Tantangan tersendiri untuk traveler ketika menuju puncak, pengunjung disini harus menyiapkan mental dan didampingi oleh rekan. Karena traveler harus merambat dan mencari pijakan berupa batuan atau pohon. Namun ketika sudah sampai di puncak, dari ketinggian inilah traveler bisa merasakan udara yang sejuk dan pemandangan yang masih natural. Selain penambangan traveler juga bisa menjumpai Goa yang diberi nama masyarakat setempat adalah Goa Sriti dan Goa Wisnu.

Foto : Mus Jono Blog

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya