oleh

Wisata Gunung Argopuro Probolinggo Jawa Timur

-wisata-302 views

Deretan pegunungan di Jawa Timur memang mempunyai berbagai cerita tersendiri, para traveller yang berjiwa petualang tentunya ingin bisa merasakan beberapa puncak yang penuh dengan misteri serta keindahan alam yang tersimpan didalamnya. Beberapa gunung seperti Semeru, Jambangan, Kukusan, Malang dan terakhir Argopuro yang merupakan gunung tertinggi di deretan tersebut menyimpan misteri dan legendan Dewi Rengganis yang bisa marah besar jika terusik ketenangannya.

Dibalik cerita-cerita tersebut tentunya gunung Argopuro menyimpan sebuah kekayaan alam yang bisa traveller kunjungi. Ada dua jalur alternatif yang bisa di tempuh oleh para pendaki untuk menuju puncak gunung Argopuro, salah satunya adalah melewati jalur Bremi.

Bagi para traveller yang sangat hobi naik gunung bisa melakukan perjalanan menuju Probolinggo lalu dari probolinggo menuju Bremi. Setelah sampai di pendakian Bremi traveller bisa langsung melaporkan diri terlebih dahulu ke kantor Polisi setempat untuk meminta ijin pendakian. Sebelum melaksanan pendakian tentunya harus menyiapkan terlebih dahulu kebutuhan logistic yang cukup.

Pendakian bisa traveller lakukan melalui jalur bremi, disinilah traveller bisa menuju kea rah perkebunan Ayer Dingin. Beberapa kebun penduduk yang banyak ditanami jagung dan padi yang hijau bisa dilihat oleh traveller disini. tak lama kemudian semakin menanjak, traveller akan memasuki perkebunan yang ditanami dengan kopi, lalu menuju hutan damar. Setelah kira-kira menempuh perjalanan dua jam, traveller akan memasuki batas Hutan Suaka.

Jalur yang terjal, hutan yang semakin lebat serta beberapa hewan diantara semak-semak akan traveller temui seperti babi hutan, kancil, kijang dan berbagai jenis burung traveller temui disini. kisah misteri yang telah beredar di gunung Argopuro dengan adanya Sang Dewi  Rengganis mungkin bisa ditemui di antara hutan menuju puncak gunung oleh traveller.

Konon bagi siapa saja yang ingin mendaki disini akan melihat taman gaib, taman ini begitu indah dan sebagai saran traveller dilarang memetik bunga atau apa yang tumbuh di taman tersebut. Karena jika iya, maka sang Dewi Rengganis akan marah dan akhirnya perjalanan traveller bisa disesatkan atau traveller bisa kesurupan.

Traveller juga akan memasuki wilayah yang disebut Danau Taman Hidup. Disini merupakan salah satu lokasi favorit untuk berkemah. Lokasi yang  terdapat sebuah danau yang luas dan banyak ikannya sehingga dapat dipancing. Para Pendaki dan traveller juga dapat mengambil air bersih dari danau ini. Keindahan sekitar Danau ini sangat bagus dan cocok untuk digunakan untuk pengambilan foto panorama. Bagi traveller yang suka dengan fotografi. Wilayah ini sangat cocok untuk berfoto-foto.

Perjalalan bisa traveller lanjutkan hingga menemui hutan cemara, dan bukit dengan padang rumput yang penuh dengan Edelweis. Disinilah traveller sudah mendekati puncak. Traveller bisa mendirikan tenda di sekitar Rawa Embik untuk menginap dan beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung Argopuro.

Di puncak gunung Argopuro traveller akan menemui bekas kawah yang sudah tidak aktif lagi, akan tetapi masih mengeluarkan bau belerang yang sangat terasa. Di puncak Argopuro ini berbentuk punden berundak yang konon mungkin sebagai tempat pemujaan yang di yakini sebagai petilasan dari Dewi Rengganis. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya