oleh

Wisata Gunung Agung Karangasem Bali

-wisata-302 views

Bali terkenal akan sebutan pulau dewata, pulau yang terletak di timur pulau Jawa ini menyimpan keindahan wisata yang sudah tidak diragukan lagi dikalangan wisatawan dan traveler baik dalam negeri maupun luar negeri. Meskipun sudah terkenal dengan wisata pantai dan alamnya ternyata di Bali menyimpan keindahan gunung tertinggi di pulau Bali yang tak kalah hebatnya yaitu gunung Agung.

Gunung Agung yag mempunyai ketinggian lebih dari 3.031 mdpl ini terletak di kawasan Rendang, Kabupaten Karangasem Bali. Di kawasan gunung Agung juga terletak salah satu tempat peribadatan bagi umat Hindu, yaitu Pura Besakih. Pura ini merupakan salah satu pura terpenting di Bali dan sering digunakan untuk acara-acara peribadatan.

Karena ketinggiannya yang hingga 3000mdpl lebih, traveler ketika di puncak juga bisa melihat secara langsung puncak Gunung Rinjani di Pulau Lombok jika cuaca sedang cerah. Gunung Agung ini merupakan gunung berapi yang memiliki kawah begitu besar dan sangat dalam. Jika berada di pinggirnya, traveler bisa merasakan upa air dari kawah tersebut.

Bagi masyarkat Hindu di Bali, Gunung Agung ini sangat di agungkan, oleh karena itu di lereng tersebut terdapat Pura Besakih yang terkenal untuk peribadatan mereka. Mereka percaya bahwa Gunung Agung adalah istana Dewa dimana tempat para dewa bersemayam.

Untuk menuju ke puncak tertinggi pulau dewata itu, traveler bisa melakukan pendakian dari jalur Pura Besakih atau jalur yang lebih singkat bisa lewat jalur Pura Pasar Agung. Jika ingin melihat sunrise, disarankan traveler bisa melakukan pendakian dimalam hari, atau sekitar jam 11-12 malam.

Traveler bisa menggunakan jasa pemandu setempat dengan tarif tertentu, dan mendapatkan trekking pole, sarapan termasuk senter untuk trekking malam hari.Untuk mencapai puncak gunung ini dibutuhkan waktu perjalanan selama 6-7 jam, dan kelelahan pedakian tersebut akan terbayarkan ketika melihat sunset di atas gunung yang dikeramatkan oleh masyarakat Bali ini.

Foto : Netralnews

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya