oleh

Wisata Gua Tabuhan Pacitan Jawa Timur

-wisata-304 views

Gua yang berada di Dusun Tabuhan, Desa Wereng, Kecamatan Punung, Pacitan. Jaraknya kurang lebih 40 kilometer dari kota Pacitan, Jawa Timur. Gua Tabuhan ini termasuk salah satu situs peninggalan sejarah penting dan disinyalir sebagai salah satu gua hunian kering manusia purba. Hasil penelitian membuktikan bahwa gua ini telah dihuni manusia purba sejak 50 juta tahun yang lalu dan terdapat jejak bengkel alat batu dari masa 10 ribu tahun yang lalu.

Gua Tabuhan ini mempunyai stalaktit dan stalagmit yang unik. Seperti Gua Gong, stalaktit dan stalagmite yang berada di gua ini bila di pukul akan mengeluarkan nada. Suara nada ini mirip dengan suara alat musik gamelan. Seniman daerah setempat memanfaatkan keunikan ini dengan memainkan tembang-tembang karawitan dengan menggunakan stalaktit dan stalagmit di Gua Tabuhan ini.

Untuk menuju ke objek wisata ini wisatawan bisa melalui jalur dari Wonogiri ( Jawa Tengah ), Ponorogo ( Jawa Timur ), atau Trenggalek ( Jawa Timur ). Namun, wisatawan juga bisa datang dari Yogyakarta melalui jalur alternative yang melewati Gunungkidul.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya