oleh

Wisata Gua Gong Pacitan Jawa Timur

-wisata-302 views

Gua Gong terletak di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan. Gua ini merupakan objek wisata andalan kota Pacitan. Gua ini berada sekitar 256 meter dari permukaan tanah. Banyak terdapat stalaktit ( batuan kapur berbentuk kerucut di langit-langit gua ) dan stalagmite ( batuan kapur yang berdiri tegak di dasar yang berusia ratusan tahun ) di gua ini. Menurut wisatawan lokal dan mancanegara, Gua Gong ini merupakan Gua dengan stalaktit dan stalagmite yang paling indah di Asia Tenggara.

Gua ini dinamai Gua Gong karena menurut cerita orang-orang dahulu, dari dalam gua ini sering terdengar bunyi alat gong ( alat musik jawa ). Proses ditemukannya Gua Gong ini sendiri terjadi secara tidak sengaja. Singkat cerita, pada suatu ketika terjadi musim kemarau yang panjang, sehingga di Dusun Pule terjadi kekeringan. Pada tahun 1930 ada 2 orang yang bernama Mbah Noyo Semito dan Mbah Joyo berinisiatf untuk mencari air ke dalam gua yang ada di tempat itu. Dengan mengguanakan obor mereka menelusuri lorong-lorong gua dan akhirnya mereka menemukan beberapa sendang.

Gua Gong memiliki beberapa ruangan. Ruang pertama adalah ruang Sendang Bidadari, di ruang ini terdapat sendang kecil dengan air dingin dan bersih di dalamnya. Ruang kedua adalah ruang Bidadari, menurut cerita diruangan ini kadang melintas bayangan seorang wanita cantik yang dianggap sebagai bidadari. Ruang ketiga dan keempat adalah ruang marmer dan Kristal, dimana di dalam ruangan tersebut tersimpan batu marmer dan Kristal dengan kualitas yang mendekati sempurna. Ruang kelima merupakan ruangan yang paling luas. Ruang keenam adalah ruang pertapaan. Dan ruang yang terakhir adalah ruang Batu Gong. Diruangan ini terdapat keunikan yang tidak dimiliki gua-gua lain. Di ruang ini terdapat batu-batu yang apabila kita pukul akan mengeluarkan bunyi seperti suara gong.

Untuk menuju ke objek wisata ini tidaklah sulit. Gua yang berjarak 30 kilometer dari pusat Kota Pacitan ini dapat kita tuju dengan menggunakan kendaraan pribadi.

 

Foto : gustirakadamar.blogspot

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya