Menu

Mode Gelap
 

wisata · 15 Mei 2021 08:27 WIB ·

Wisata Goa Sengering Merangin Jambi


					Wisata Goa Sengering Merangin Jambi Perbesar

Wisata Goa Sengering Merangin Jambi

Keindahan alam di Indonesia memang tiada habisnya. Salah satu keindahan alam yang sangat menawan adalah wisata goa. Goa sendiri adalah hasil dari pembentukan alami yang mampu menghipnotis siapapun yang masuk kedalamnya. Salah satu wisata alam goa yang banyak adalah di wilayah Jambi, yaitu Goa Senggring yang terletak di wilayan Merangin.

Untuk mencapai goa yang terletak di Desa Sengering, traveller harus menempuh perjalanan kea rah Sungau Manau atau sekitar 40 kilometer dari Kabupaten Maringin. Bisa juga traveller menempuh jarak dari Bangko – Sei Manau dalam waktu satu setengah jam dengan transportasi umum. Setelah sampai di Desa Senggring traveller harus berjalan dari desa Senggring hingga goa Senggring selama 2 jam melewati sungai senggring.

Petualangan ke Goa Senggring merupakan petualangan yang sangat menakjubkan, hanya traveller yang berjiwa petualang yang akan suka dengan trekking seperti ini. Selama melintasi aliran sungai Senggring sebaiknya traveller menggunakan jasa guide atau penduduk lokal setempat.

Setelah sampai didalam goa, jangan heran jika didalam goa banyak kehidupan binatang liar seperti kelelawar, wallet, jangkrik goa yang hidup didalamnya. Didalam goa  Senggring traveller juga akan meluhat secara langsung aliran sungai didalam goad dan bermuara kemulut goa. Di ujung muara atau mulut goa tersebut juga terdapat air terjun dengan ketinggianh hingga 5 meter.

Goa Sengering memiliki keunikan yang sangat menarik, banyak sekali bebatuan yang menjulur dari langit langit kebawah layaknya gorden yang di hiasi dengan butiran serta tetes air yang jatuh dari atas. Butiran tersebut berkilau ketika terkena cahaya seperti mutiara.

Perlu di ketahui, meski kondisinya cukup gelap didalam Goa Sengering sebenarnya tidak terlalu luas jika dibandingkan dengan goa-goa lainnya. Goa ini mempunyai panjang 300an meter dengan lebar 20 meter. Namun ketinggian goa hini bisa mencapai 25 meter sehingga cukup leluasa dan tidak terlalu merasa gerah didalam.

Di ujung goa Sengering terdapat sebuah ruang dengan air terjun. Untuk menikmati air terjun traveller harus berjalan merayap di atas bebatuan dan berjalan di lorong kecil perut goa. Menurut adat atau kebiasaan disana sebelum memasuki goa traveller yang berkunjung kesaha harus mencuci muka terlebih dahulu. Konon kepercayaan penduduk setempat agar kita dapat melihat dengan jelas mahluk-mahluk halus yang ada disana dan agar mata kita tidak ditutupi saat kita melakukan penelusuran gua ini.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

13 November 2021 - 01:16 WIB

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

12 November 2021 - 00:35 WIB

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

10 November 2021 - 08:19 WIB

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

9 November 2021 - 07:22 WIB

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

7 November 2021 - 15:24 WIB

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu

6 November 2021 - 14:29 WIB

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu
Trending di wisata