Menu

Mode Gelap
 

wisata · 16 Okt 2021 21:39 WIB ·

Wisata Goa Sengayu Merangin Jambi


					Wisata Goa Sengayu Merangin Jambi Perbesar

Wisata Goa Sengayu Merangin Jambi

Berbicara tentang Jambi memang hampir tiada habisnya. Jambi terkenal dengan wisata alamnya yang masih sangat asri dan alami. Di daerah Merangin tepatnya di kecamatan Sungai Manau terdapat goa yang disebut dengan Goa Sengayau. Goa terletak di kawasan yang sangat luas sekali. wilayahnya pun di perkirakan hampir sekitar 10.000 hektar, dan termasuk kawasan penyangga dari Taman Nasional Kerinci Sebelat.

Goa Sengayau sendiri merupakan kawasan goa bukan goa yang berjumlah satu saja. Di kawasan ini menurut pemetaan sudah ada sekitar 40an goa, bahkan menurut masyarakat setempat ada sekitar 100 lebih goa di kawasan ini. Tentunya dengan sejumlah goa yang sedemikian banyaknya, tidak mungkin untuk menjelajah seluruh goa dalam waktu satu bulan.

Kawasan Goa Sengayau sendiri sering di kunjungi oleh para traveller yang mempunyai jiwa petualangan dan bagi yang ingin menyatu dengan alam. Untuk menuju ke Goa Segayau traveller membutuhkan waktu delapan jam perjalanan darat kea rah Kerinci. Setelah itu bisa menuju kea rah pasar Sungai Manau dan melanjutkan ke Sungai Pinang dilanjutkan ke Jembatan Tiga. Dari Jembatan Tiga inilah petualangan menuju kawasan Goa Sengayau di mulai. Traveller akan melalui berbagai medan yang cukup terjal dengan kemiringan lebih dari 30 derajat melalui hutan heterogen.

Kawasan Goa Sengayau sendiri terdiri dari berbagai macam bebatuan, jangan heran jika didalam kawasan tersebut tercium bau kotoran kelelawar yang menjadi ciri khas kawasan Goa Sengayau. Bagi traveller atau caver yang suka berpetualang didalam goa, bisa mendirikan tenda di camping ground yang ada disekitar goa tersebut. Yang luasnya sekitar 120 an meter persegi. Tidak terlalu luas memang, namun lokasi ini biasa di jadikan sebagai tempat persinggahan karena terdapat sumber mata air didekatnya.

Kawasan Kars Goa Sengayau memang selama ini termasuk jarang dikunjungi, terlebih kondisi medan yang berat dan sangat alami. Tapi bagi sebagian traveller, kawasan ini merupakan tantangan tersendiri. beberapa aktifitas yang bisa dilakukan traveller atau pecinta goa(caver) diantara lainya adalah mendirikan tenda di camping groud, di pagi hari kawasan ini merupakan kenikmatan tersendiri kerena bisa mendengarkan kicauan burung yang berada di luar maupun didalam goa.

Selain bersantai di pagi hari, traveller dan caver bisa berkeliling ke beberapa goa yang terdapat di komplek Goa Sengayau. Diantara goa yang berdekatan dengan lokasi tempat berkemah adalah Goa Masjid. Selain itu ada beberapa nama goa seperti Goa Ahmad, Goa Tancap, Goa Ventaris, Goa Riben, Goa Siginjai, Goa Asap, Goa Air Daya, Goa Sempit, Goa Lapangan, Goa Batang dan masih banyak  lagi baik goa yang berbentuk vertical maupun horizontal.

Perlu di ketahui, jika traveller  hanya ingin mengunjungi goa terdekat dengan lokasi bumi perkemahan atau campaign ground bisa ke Goa Masjid. Goa ini merupakan goa terbesar di kawsan Goa Sengayau dan termasuk goa horizontal yang mempunyai panjang lorong sekitar 513,5 meter. Di namakan Goa Masjid karena terdapat ruangan yang besar yang atapnya menyerupai kubah di masjid.

Foto Oleh : Heriyadi Asyari

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

13 November 2021 - 01:16 WIB

Wisata Masjid Menara Kudus Kudus Jawa Tengah

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

12 November 2021 - 00:35 WIB

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo Jawa Timur

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

10 November 2021 - 08:19 WIB

Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

9 November 2021 - 07:22 WIB

Wisata Pantai Melawai Balikpapan Kalimantan Timur

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

7 November 2021 - 15:24 WIB

Wisata Air Terjun Batu Mahsur Gunung Mas Kalimantan Tengah

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu

6 November 2021 - 14:29 WIB

Wisata Pulau Enggano Bengkulu Utara Bengkulu
Trending di wisata