oleh

Wisata Goa Gajah Gianyar Bali

-wisata-302 views

Berkunjung ke Kabupaten Gianyar Bali yang berjarak kurang lebih 27 kilometer dari kota Denpasar adalah kegiatan yang bisa traveller lakukan untuk mengunjungi sebuah goa yang cukup terkenal dan berfungsi sebagai tempat ibadah selain sebagai destinasi wisata di Pulau Dewata ini.

Goa Gajah merupakan goa yang tidak terbentuk secara alami seperti goa goa pada umumnya. goa gajah adalah goa buatan yang berfungsi sebagai tempat ibadah umat hindu yang terletak di desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Gianyar Bali. Meskipun termasuk goa buatan, karena keunikannya, goa ini termasuk situs ini termasuk sebagai warisan dunia yang di akui oleh UNESCO.

Jika traveller berkunjung ke goa gajah, mulai dari area parkir traveller akan menjumpai lokasi pertapaan dengan menuruni beberapa anak tangga. Sekeliling goa gajah wilayahnya masih sangat asri dan alami. Traveller tidak akan menyangka jika di sekliling goa terdapat banyak pohon-pohon yang tumbuh hijau dan rindang serta menciptakan suasana seju. Bahkan pohon-pohon tersebut konon usianya sudah mencapai ratusan tahun.

Suara gemercik air yang jatuh dari pancuran arca memberikan suasana damai dan sangat cocok bagi traveller yang membutuhkan ketenangan. Disekitar Goa Gajah juga terdapat bekas bangunan yang dulunya pernah luluh lantah akibat gempa. Goa buatan yang usianya sudah ratusan tahun ini, mulut goanya hanya bisa di lalui sati orang. Ornamen khas Bali berupa ukiran memperindah bagian pintu masuk goa tersebut yang di  jaga oleh dua patung.

Pada bagian kiri dan kanan lorong juga terdapat ceruk yang dulunya merupakan tempat bertapa.  Pada ujung barat lorong terdapat Arca Ganesha dan ujung timur lorong terdapat 3 lingga. Selain itu di sekitar areal goa, juga terdapat patung petirtaan dengan tujuh patung widyadara–widyadari yang sedang memegang air suci. Total patungnya ada tujuh, yang merupakan symbol dari tujuh sungai di India dimana agama Hindu dan Budha di lahirkan.

Traveller yang berkunjung kesini khususnya para wanita harus memperhatikan siklus bulanan. Bagi umat Hindu, Goa Gajah merupakan tempat suci seperti halnya masjid yang mengatur jika ada traveller wanita yang sedang datang bulan dilarang untuk memasuki kompleks area ini.

Foto Oleh : Jakrit Jirarawaro

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Informasi Lainnya